Salesforce (NYSE: CRM), platform CRM berbasis AI, meluncurkan Agenforce, yakni jajaran agen AI otonom yang revolusioner guna mendukung pekerja dan menyelesaikan tugas di bidang jasa, penjualan, marketing, dan komersial.
Agen AI Agentforce dapat menganalisis data, mengambil keputusan secara otonom, dan mengeksekusi sejumlah pekerjaan seperti menjawab pertanyaan pelanggan, melakukan kualifikasi penjualan yang potensial, dan mengoptimalkan kampanye marketing. Dengan menggunakan Agentforce, tiap organisasi dapat membangun, melakukan kustomisasi, dan meluncurkan agen sendiri untuk setiap aktivitas, apapun sektor industrinya.
Baca Juga: Palo Alto Networks® Akuisisi Aset SaaS IBM QRadar
"Agentforce menjadi representasi hadirnya Gelombang Ketiga dari AI, melampaui teknologi copilots menuju suatu era baru yang ditandai dengan agen-agen cerdas dengan keakuratan tinggi dan minim respons yang menyesatkan (low-hallucination) yang secara proaktif mendorong kesuksesan pelanggan," ujar Marc Benioff, Chair and CEO Salesforce, dikutip Rabu (18/9/2024).
Para pemimpin industri, seperti OpenTable, Saks, dan Wiley sudah merasakan keunggulan transformatif dari Agentforce. Sebagai contoh, Agentforce saat ini membantu organisasi seperti Wiley dalam menyediakan layanan mandiri berbasis percakapan yang dinamis. Agentforce dikonfigurasikan sedemikian rupa agar mampu menjawab setiap pertanyaan dengan menggunakan data base Wiley yang sudah terintegrasikan dalam Salesforce sehingga setiap muncul permasalahan terkait akses akun bisa diselesaikan secara otomatis. Tak hanya itu, Agentforce juga dapat membantu menangani proses registrasi maupun pembayaran dengan mengarahkan pelanggan ke sumber yang tepat.
Wiley merasakan adanya peningkatan sebesar lebih dari 40% dalam hal penyelesaian permasalahan yang terjadi. Ini melampaui keberhasilan tatkala mereka masih menggunakan chatbot sebelumnya sehingga karyawan menjadi punya lebih banyak waktu untuk fokus pada pekerjaan-pekerjaan lain yang bersifat lebih kompleks.
Cara Kerja Agenforce
Untuk menghadirkan teknologi mutakhir ini, Agentforce membawa (1) inovasi signifikan pada Salesforce Platform; (2) beberapa agen otonom yang mumpuni dan siap digunakan; (3) serangkaian tools yang kaya dan tidak membutuhkan banyak kegiatan coding alias low-code untuk mengembangkan, menyesuaikan, serta meluncurkan agen secara cepat dan mudah tanpa kerumitan dan biaya mahal yang sering kali dikaitkan dengan proses pelatihan model AI maupun proyek AI yang dilakukan sendiri; dan (4) akses terhadap Agentforce Partner Network untuk meluncurkan agen buatan pihak ketiga atau menggunakan tindakan pihak ketiga ketika mengembangkan agen kustom dengan low-code tools milik Agentforce.
1. Inovasi pada Platform Salesforce
Salesforce Platform yang berpusatkan Data Cloud memungkinkan Agentforce dan setiap aplikasi Salesforce untuk menghadirkan pengalaman yang mulus dan didukung AI di setiap titik interaksi. Data Cloud menyatukan dan menyelaraskan semua data dan metadata pelanggan lintas sistem dan secara real-time dan hal ini memungkinkan Agentforce untuk beroperasi dengan penuh konteks serta presisi.
Atlas Reasoning Engine terbaru adalah otak di balik Agentforce. Mesin ini dibangun di atas sistem internal yang memampukan Agentforce untuk berpikir, membuat keputusan, dan menyelesaikan tugas secara mandiri. Selain itu, Agentforce terintegrasi secara mulus dengan kemampuan otomatisasi Salesforce yang sudah ada, termasuk integrasi mendalam dengan MuleSoft. Dengan Salesforce Flow, MuleSoft, dan metode Apex, pelanggan dapat dengan mudah memperluas fungsionalitas Agentforce dengan memanfaatkan alur kerja dan tindakan yang telah dibangun dan dioptimalkan.
2. Agen-Agen Siap Pakai
Agen siap pakai dari Agentforce mudah untuk disesuaikan dan diluncurkan hanya dengan mengklik dan tanpa perlu menuliskan kode. Agen ini dapat diatur dalam hitungan menit, mudah diskalakan, dan bekerja sepanjang waktu di berbagai saluran.
Agen-agen tersebut ialah Service Agent, Sales Development Representative (SDR), Sales Coach, Merchant, Buyer, Personal Shopper, Campaign Optimizer, dan Agentforce (sebelumnya bernama Einstein Copilot).
3. Melakukan Kustomisasi dan Meluncurkan Agen dengan Cepat
Agent Builder merupakan fitur pengembangan low-code yang memudahkan pengguna untuk melakukan kustomisasi pada agen siap pakai, atau dalam mengembangkan agen baru dengan beragam fungsi terlepas dari industri yang digeluti pengguna maupun apapun jenis use case yang diinginkan oleh pengguna dengan menggunakan tools yang ada, seperti Flows, Prompts, Apex, dan MuleSoft API untuk mengonfigurasi agen mereka.
Sementara, Model Builder merupakan fitur pengembangan low-code sekaligus pusat kendali untuk pendaftaran, pengujian, dan mengaktifkan model AI serta LLM kustom di seluruh Salesforce. Pelanggan dapat menggunakan Model Builder untuk membawa kunci application programming interface (API) dari LLM yang dipilih, mengetesnya di ruang yang khusus dipersiapkan untuk tujuan uji coba, dan mengaktifkannya untuk digunakan di Prompt Builder.
Baca Juga: Hasil Penelitian: Ini 10 Tren Kecerdasan Buatan yang Bakal Populer pada Tahun 2030
Selanjutnya, ada Prompt Builder, yakni perintah berada di balik setiap pengalaman dengan AI generatif. Prompt Builder memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menyesuaikan format prompt siap pakai dengan data CRM atau Data Cloud mereka untuk meningkatkan hasil yang dikeluarkan. Alat ini mengintegrasikan pengalaman generatif ke dalam alur kerja, baik dalam alur kerja yang diotomatisasi pada halaman record di aplikasi Lightning, atau bahkan dicerminkan melalui tindakan agen.
4. Jaringan Mitra Agentforce (Agentforce Partner Network)
Agentforce Partner Network meliputi Amazon Web Services, Box, Certinia, Copado, Coupa, Google, Honeywell, IBM, Workday, dan banyak lagi. Mitra-mitra ini telah mengembangkan lebih dari 20 agen maupun tindakan agen yang akan tersedia melalui Salesforce AppExchange.
Pelanggan dapat memanfaatkan tindakan-tindakan yang terspesialisasi ini melalui Agent Builder untuk melakukan kustomisasi pada agen siap pakai, mengembangkan agen-agen baru dengan kecakapannya tersendiri, dan meluncurkan agen buatan mitra untuk merencanakan dan mengambil tindakan mewakili organisasi di berbagai sistem dan saluran, bahkan di luar Salesforce.
Agentforce for Service and Sales akan tersedia mulai 25 Oktober 2024. Beberapa komponen dari Atlas Reasoning Engine akan diluncurkan pada Februari 2025. Biaya Agentforce dimulai dari US$2 per percakapan; diskon untuk volume standar berlaku.