Twilio (NYSE: TWLO), platform interaksi dengan pelanggan yang membantu perusahaan-perusahaan di seluruh dunia, mengumumkan kemitraan jangka panjangnya dengan klub sepak bola kenamaan asal Inggris, Chelsea FC. Twilio akan bertindak sebagai penyedia layanan resmi bagi Chelsea dan akan memperkuat strategi fan engagement Chelsea guna mempererat interaksi antara Chelsea dengan pendukungnya, baik di stadion maupun di ranah digital menggunakan platform data pelanggan (CDP) Twilio Segment.

Dengan memanfaatkan solusi Twilio Segment, Twilio menyebut bahwa Chelsea akan mendapatkan wawasan lebih dalam tentang basis pendukung mereka di seluruh dunia-yang jumlahnya mencapai 615 juta orang-untuk menciptakan pandangan yang komprehensif tentang interaksi setiap pendukung dengan klub. Berbekal data ini, Chelsea akan menghadirkan pengalaman yang sangat terpersonalisasi dalam interaksi dengan pendukungnya.

Baca Juga: Twilio dan AWS Hadirkan Solusi Engagement Terpersonalisasi Skala Besar

"Sebagai contoh, nantinya Chelsea dapat memberikan penghargaan kepada para pendukung atas interaksi aktif mereka dengan menawarkan berbagai promosi menarik ketika mereka memasuki stadion, mempersonalisasi konten dengan menonjolkan pemain Chelsea favorit mereka, atau memberi rekomendasi area terbaik di stadion untuk mendapatkan camilan kesukaan pada waktu turun minum," dikutip dari keterangan tertulis Twilio di Jakarta, Jumat (7/2/2025).

Kolaborasi Chelsea dengan Twilio akan memperkuat hubungan dengan pendukung melalui pengalaman yang terpersonalisasi, seperti informasi tentang jadwal pertandingan dan ketersediaan tiket serta penyesuaian interaksi di situs web maupun aplikasi guna memberikan pelayanan yang lebih baik kepada para pendukung Chelsea.

Peter Bell, Wakil Presiden Pemasaran Twilio untuk EMEA, mengatakan, "Kemitraan baru yang menyenangkan ini akan membantu Chelsea Football Club untuk terhubung dengan para pendukungnya, menciptakan interaksi yang kuat dan personal, di Stamford Bridge dan di mana saja di seluruh dunia. Twilio berkomitmen untuk membantu Chelsea agar para pendukungnya merasa lebih dekat dengan klub. Kami sangat bersemangat untuk melihat perubahan nyata yang akan dihadirkan melalui kemitraan ini di tahun-tahun mendatang."

Phil Lynch, Chief Digital Officer di Chelsea Football Club mengatakan, "Kami sangat senang menyambut Twilio ke dalam keluarga besar Chelsea, dan tak sabar untuk berinteraksi lebih dalam dan dekat dengan pendukung kami di seluruh dunia berkat teknologi data pelanggan yang dihadirkan Twilio."

"Bagi banyak pendukung kami, di manapun mereka berada, konektivitas digital membantu mereka lebih dekat dengan klub, para pemain, dan sejarah kami. Solusi terdepan Twilio dalam bidang interaksi pelanggan akan membantu memperkaya pengalaman mereka dan membuat para pendukung kami merasa lebih terhubung dengan klub dalam interaksi yang terpersonalisasi," ujarnya melanjutkan.

Untuk menandai pengumuman kemitraan ini, Twilio meluncurkan One in a Twilion, sebuah penghargaan bagi kontribusi perempuan dalam tim teknologi. Ajang penghargaan ini terbuka untuk umum, dan Twilio mengundang publik untuk menominasikan sosok perempuan yang bekerja di bidang teknologi serta memiliki kinerja dan prestasi cemerlang yang menentukan keberhasilan tim dan bisnis. Satu pemenang dan tiga runner-up akan dipilih oleh para pemimpin perempuan di Twilio dan akan diumumkan pada tanggal 5 Maret 2025 menjelang Hari Perempuan Internasional.