Seiko merayakan 100 tahun perjalanannya sebagai merek jam asal Jepang, yang juga terkenal di Tanah Air. Sejak 1924 menemani konsumen dengan deretan inovasi produk, Seiko menghadirkan koleksi arloji historis di pameran khusus perayaan satu abad yang dibuka untuk publik di atrium Mall Plaza Senayan, 5-11 November 2024 mendatang.

General Manager Seiko Indonesia, Kevin Lee, mengungkap, pameran ini sebagai bentuk terima kasih yang tulus dari perusahaan atas dukungan dari para pelanggan di Indonesia. Seiko akan terus berkomitmen untuk menginspirasi dunia horologi, serta menjunjung tinggi warisan dan kebanggaan keahlian pembuatan jam tangan Jepang. 

Dengan bangga, Seiko mengadakan acara dan pameran ini untuk memberikan kesempatan kepada publik untuk merasakan kekayaan sejarah dan inovasi teknologi dalam produk-produk Seiko.

“Kami hadir hari ini untuk merayakan Anniversary ke-100 tahun untuk Seiko Brand. Yaitu di tahun 1924, Seiko mengeluarkan dan merilis jam tangan dengan brand Seiko yang pertama sekali. Dan saya senang sekali hari ini kita bisa merayakan event ini dengan Seiko Marigold Club yang bisa dibilang jam ini benar-benar ikonik di kota Jakarta,” ujar Kevin Lee dalam perayaan 100 tahun Anniversary Seiko Brand, Selasa (5/11/2024), di Plaza Senayan, Jakarta.

Baca Juga: 11th Anniversary: Transcosmos Indonesia Hadirkan Solusi Customer Experience dengan Manfaatkan Teknologi AI

Adapun koleksi jam yang ditampilkan adalah arloji yang ikonik dan bersejarah. Salah satunya jam tangan dengan nama “Seiko”, di mana merupakan koleksi arloji pertama dan menandai lahirnya merek Seiko pada 1924 silam. Koleksi “Seiko” ini memiliki desain yang begitu unik dan dibuat dari bahan leather dan diameter jam yang tidak terlalu besar, yaki sekitar 20 sentimeter.

“Dan untuk jam tangan ini, as I said before, it's the first ever watch, wristwatch yang ada brand-nya Seiko, yang mungkin di zaman-zaman sekarang itu udah common sekali ya, tapi zaman waktu itu sangat spesial karena memakai nama Seiko, which is nama toko yang dibangun dari Kintaro Hattoridi tahun 1881, dan bisa digunakan unisex,” jelas Kevin.

Sejak didirikan, Seiko telah menjadi pionir yang menghadirkan inovasi dan jam tangan berkualitas, dengan komitmen dan filosofi pendirinya, Kintaro Hattori, "Always one step ahead of the rest”. Etos ini telah memandu inovasi berkelanjutan dan keunggulan Seiko dalam penciptaan produk-produk miliknya, memposisikan Seiko sebagai pemimpin dalam industri horologi.

Ke depannya, Seiko bertekad untuk terus mengembangkan solusi inovatif dalam menjawab berbagai tantangan teknologi di dunia horologi. Dalam perjalanan 100 tahun ini, Seiko telah mempelopori berbagai inovasi yang baru pertama kali ada di industri jam tangan. 

Baca Juga: Usung Tema #Infinite8lessing di Anniversary Ke-8, Yuk Intip Kilas Balik Pencapaian Buttonscarves!

“Warisan Seiko yang kaya memungkinkan kami mengatasi berbagai rintangan untuk membentuk jati diri sebagai merek, yang akan terus berlanjut sampai 100 tahun berikutnya. Dukungan dari komunitas, khususnya di Indonesia, membuat kami memiliki keyakinan dan harapan besar bahwa ke depannya Seiko dapat terus meningkatkan pengalaman para pelanggan setia, serta menjadi yang terdepan dalam menyediakan produk berkualitas bagi para penggemar jam tangan di Indonesia,” imbuh Kevin.

Selain “Seiko”, adapula koleksi ikonik menawan lainnya dari tahun 1960-an hingga 1980-an, serta re-interpretasi modern dari berbagai lini produk seperti King Seiko, Prospex, Presage, dan Seiko 5 Sports dalam pameran ini.

Untuk merayakan anniversary Seiko ke-100, acara ini turut dimeriahkan dengan “Virtual Run Challenge” serta Caricature Experience untuk 60 pengunjung pertama. Seiko juga meluncurkan situs web khusus, "The Seiko Brand 100 Stories." Situs web ini mengundang para penggemar dan kolektor untuk menjelajahi warisan yang kaya dan evolusi Seiko selama satu abad terakhir melalui 100 cerita yang merangkum sejarah, inovasi, tantangan, dan aspirasi masa depan perusahaan