11 tahun bukan waktu yang sebentar bagi Transcosmos Indonesia tumbuh menjadi perusahaan layanan customer experience dan digital marketing. PT Transcosmos Indonesia (TCID) merupakan salah satu anak perusahaan dari Transcosmos Inc., yang sudah didirikan pada 1985 di Tokyo, Jepang.
Hadir sejak 2013 silam, TCID yang semula hanya menangani satu perusahaan di Jakarta, kini telah berkembang menjadi perusahaan dengan lebih dari 3.200 karyawan dan memperluas jangkauan.
11 tahun bukan waktu sebentar, TCID sudah melalui lika-liku perjalanan yang ditandai dengan berbagai milestone penting. 2014 lalu, TCID meluncurkan layanan digital marketing yang komprehensif dan holistik. Hingga akhirnya, mengimplementasikan layanan chatbot unttuk meningkatkan efisiensi layanan pelanggan pada 2017.
Tak sampai di situ, TCID memperluas jangkauannya melalui pembukaan kantor kedua di Semarang pada 2018. Dan di tahun 2024 ini, TCID kembali meresmikan pembukaan kantor ketiganya di Yogyakarta.
Selama perjalanannya, TCID memanfaatkan teknologi AI untuk meningkatkan efisiensi operasional dan pengalaman pelanggan. Adapun layanan customer experience yang ditawarkan TCID berupa contact center hingga layanan digital marketing.
Baca Juga: Strategi Inovasi Digital Jalur Cepat Ala Multipolar Technology, seperti Apa Modelnya?
“Transcosmos mengajarkan AI dengan praktik terbaik Contact Center. Kami memastikan AI tahu kapan harus mengeskalasi ke manusia. Perusahaan yang ingin mengembangkan AI sendiri akan menghadapi biaya besar dan kebutuhan resource yang tinggi. Dengan Transcosmos, perusahaan bisa memanfaatkan teknologi yang sudah kami kembangkan dan kami latih,” ujar Vice President Director PT Transcosmos Indonesia, Ardi A. Sudarto, dalam agenda Media Interview di Noesaka Restaurant, Kuningan, Kamis (20/6/2024).