Lakukan Transformasi Digital
Meski ABUBA Steak kian sukses dan merambah bisnis lain, Ali mengatakan pihaknya mengalami kesulitan dalam mengkoordinasi pekerjaan secara terintegrasi. Ia menceritakan, pada awal ABUBA Steak berdiri, semua proses koordinasi dan pendataan pekerjaan dilakukan secara konvensional atau manual.
Karena pendataan adalah suatu hal yang penting, ABUBA Steak kemudian mulai melirik penggunaan aplikasi dan software menggunakan ERP System dari Odoo. Dengan sistem ini, Ali dan pihaknya bisa merasakan semua data dan pekerjaan terintegrasi dengan baik.
Sejak menggunakan Odoo, proses bisnis yang sebelumnya dilakukan dengan 10 langkah, bisa menjadi lebih efektif dengan 3-4 langkah. Selain itu, tanpa adanya Odoo, Ali mengaku akan kerepotan jika sistem kerja dari rumah atau work from home dilakukan.
Selain melakukan transformasi digital, Ali pun gencar melakukan peningkatan produktivitas. Mindset produktivitas tersebut juga diterapkan oleh ABUBA Steak dengan menerapkan berbagai program peningkatan produktivitas sehingga bisnis semakin baik dari hari ke hari.
ABUBA Steak telah menerapkan berbagai alat, teknik dan metode peningkatan produktivitas seperti 5S, Continuous Improvement, Suggestion System, Balance Scorecard, Knowledge Management, K3, Total Quality Management, Service Excellent dalam sistem yang terintegrasi yaitu Enterprise Resource Planning (ERP).
Salah satu implementasi knowledge management di ABUBA Steak adalah dengan mengirimkan 25 top management untuk mengikuti pelatihan peningkatan Produktivitas dari Pusat Pengembangan Produktivitas Daerah (P3D) Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Provinsi DKI Jakarta.
Baca Juga: Kisah Sukses Alice Norin dan Nella’s Style Bangun Bisnis Lewat Live Streaming
Tawarkan Kerja Sama Bisnis yang Unik
Dalam melakukan ekspansi bisnis, ada berbagai jenis kerja sama yang ditawarkan oleh ABUBA Steak yang sedang berjalan, contohnya sebagai berikut.
1. Sebagai Pemasok
Untuk menjadi rekan bisnis ABUBA Steak, seorang calon mitra hanya cukup mengisi format registrasi yang berisikan tentang profil perusahaan, produk, atau tipe layanan, katalog produk atau deskripsi produk dan tim manajemen ABUBA Steak akan menghubungi calon mitra tersebut.
Adapun, supplier yang dimaksud adalah perusahaan yang menyedikan dan menyuplai t-shirt, jaket, sweater, sandal, sepatu, topi kepada pihak pertama.
2. Sebagai Tamu
Misterius Mystery Guest adalah kontraktor honorer perorangan (freelancer) yang bekerja secara anonim (rahasia) dan berperan sebagai pelanggan biasa.
Mystery Guest akan bertugas mengevaluasi pelayanan bisnis dari PT. ABUBA berdasarkan pengalaman yang didapat melalui kunjungan, panggilan telepon atau penilaian online. Lalu Mystery Guest harus melengkapi dan mengirimkan kuesioner dan laporan untuk menggambarkan secara rinci, layanan yang dilihat dan didapatkan saat kunjungan.
Selanjutnya, Mystery Guest akan menerima bayaran berupa uang atau produk atas tugas yang telah diselesaikan. Dari gerai ritel, restoran, perusahaan untuk memastikan bahwa layanan mereka telah sesuai dengan yang diharapkan.
3. Sebagai Pengulas Makanan
Ketiga, ada program Food Reviewer, di mana nikmati pihak manajemen akan memberikan produk gratis untuk bisa diunggah di media sosial milik mitra yang bekerja sama.
4. Sebagai Penyewa
Terakhir, kerja sama yang dihadirkan untuk saat ini seputar penyewaan tempat yang dihadirkan oleh PT ABUBA. Adapun, beberapa kemitraan yang akan hadir, seperti Reseller B2B dan B2C, Referral Program, Sewa Gudang, Logistik. Pengolahan dan Periklanan.
Nah, itulah beberapa kunci sukses yang dilakukan oleh ABUBA Steak. Semoga menginspirasimu, ya!
Baca Juga: Belajar dari Kesuksesan Chairul Tanjung: Si Anak Singkong yang Pantang Menyerah dan Penuh Inovasi