Growthmates, seperti yang kita tahu, setiap orang pasti memiliki kisah hidup dan kisah sukses yang berbeda. Sama halnya dengan Alice Norin, public figure & founder of Fashion Today dan Nella Sajida Talfa, konten kreator yang sukses dengan akun @nellastyle.

Penasaran dengan kisah sukses mereka membangun bisnis? Yuk, simak baik-baik, ya, Growthmates!

Kisah Alice Norin Kembangkan Bisnis Fashion

Alice Norin membangun brand fashion lokal miliknya, Fashion Today, sejak tahun 2011, berawal dari mimpinya membawa sentuhan baru yang autentik bagi perempuan Indonesia. Awalnya, produk Fashion Today hanya dijual kepada teman-teman artis sejawatnya.

Proses produksinya pun sederhana, dimulai dari rumah dengan pengemasan di garasi yang hanya melibatkan tiga orang pegawai, Fashion Today pun mulai memasarkan berbagai produk pakaian perempuan seperti kemeja, kaos, celana, dan beragam aksesoris.

Dalam memilih bahan baku yang berkualitas, Alice sering terjun langsung ke lapangan, seperti ke Tanah Abang dan pasar UMKM lainnya, untuk melakukan riset dan membeli bahan baku dari para pelaku usaha lokal.

Kini, ia telah memiliki divisi konveksi sendiri yang berlokasi di Bandung dan Solo dan produk kemeja perempuan menjadi produk yang paling dicari oleh konsumen. Fashion Today mulai bergabung dengan Shopee sejak tahun 2020 dan aktif memanfaatkan Shopee Live mulai Oktober 2023.

Keputusan untuk bergabung dengan Shopee merupakan langkah strategis bagi Alice untuk memperluas jangkauan pasarnya. Sebelumnya, Alice pernah mencoba memanfaatkan fitur live streaming di platform lain, tetapi besarnya peluang dan manfaat yang ditawarkan Shopee Live, ditambah melihat teman sesama artis yang telah lebih dulu bergabung dengan Shopee, membuatnya tak berpikir panjang untuk bergabung.

Lewat Shopee Live, Alice berhasil mendongkrak citra dan penjualan brand Fashion Today dengan keunggulan interaksi real-time yang menghubungkannya lebih dekat dengan konsumen.

Baca Juga: Begini Konsistensi Shopee Dongkrak Bisnis UMKM dan Brand Lokal

“Aku merasakan manfaat dan dampak yang luar biasa setelah bergabung dengan Shopee. Semenjak memutuskan aktif memanfaatkan fitur interaktif Shopee Live, brand Fashion Today pun mengalami peningkatan transaksi yang signifikan hingga lebih dari 30 lipat di berbagai puncak kampanye yang dihadirkan Shopee dibandingkan hari biasa. Akupun merasakan kedekatan dan interaksi yang lebih dekat dengan konsumenku saat live streaming dan tentunya lebih menciptakan kepercayaan dan daya tarik terhadap produk kami,” kata Alice Norin.

Alice kini berhasil membuka lebih banyak lapangan pekerjaan dengan berkembangnya tim brand Fashion Today yang terdiri hingga 250 pegawai. Keputusan Alice untuk memiliki studio live di rumah sangat memudahkannya dalam menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

“Setelah aku memfokuskan diri untuk mendalami industri live streaming di Shopee Live, aku memiliki lebih banyak fleksibilitas waktu dari sebelumnya. Dengan tim yang lebih besar tentu sangat membantu aku untuk berkoordinasi dan mewujudkan berbagai rencana strategis untuk perkembangan bisnisku. Begitupun dengan meluangkan waktu bersama keluarga, khususnya anak-anak, aku dapat dengan mudah menemui mereka tanpa harus meninggalkan tempat kerja,” tambah Alice Norin.

Untuk menarik perhatian dan membangun loyalitas penonton di Shopee Live, Alice berprinsip untuk tak hanya memposisikan diri sebagai penjual, tetapi juga menjadi teman atau bahkan "bestie" bagi penonton, yang senang menjadi bagian dari solusi bagi kebutuhan dan keinginan mereka, serta gemar gemar memberikan inspirasi mix and match pakaian untuk para penontonnya.

Sebelum memulai live, ia selalu mengingatkan para pengguna tentang jadwal live brand Fashion Today. Selama sesi live, ia rutin mengadakan sesi tanya jawab untuk memahami keinginan dan kebutuhan pelanggan secara langsung, serta memberikan mereka kesempatan untuk melihat detail produk secara langsung.