Pengukuran global dari NielsenIQ (NIQ) menunjukkan bahwa pertumbuhan belanja online mulai stabil di banyak pasar dengan penjualan online tahun 2023 mencapai Rp347 trilliun, tumbuh 37% dari tahun 2022. Meski belanja online terus bertumbuh, survei dari NIQ menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia tetap tidak meninggalkan saluran offline dengan 71% masyarakat Indonesia menggunakan kedua saluran online dan offline (omnichannel) dalam berbelanja pada tahun 2023. Hal ini menunjukkan bahwa kebiasaan berbelanja masyarakat mulai bergeser, mendorong pentingnya kemampuan e-commerce dalam menghadirkan saluran berbelanja yang holistik bagi pelanggan.

Rusdy Sumantri, Direktur NielsenIQ (NIQ), mengatakan, "Kebiasaan berbelanja masyarakat yang memadukan saluran online dan offline menunjukkan adanya kebutuhan belanja secara omnichannel yang tinggi di tengah masyarakat Indonesia. Oleh karenanya, dibutuhkan inovasi yang berkelanjutan untuk hadirkan pengalaman omnichannel dengan pilihan produk original yang ditunjang dengan metode pembayaran yang lebih lengkap, mudah, dan aman."

Baca Juga: Menilik Kesuksesan Brand Dekoruma: Pelopor Jasa Desain Interior Online yang Sahamnya Diakuisisi BliBli Rp1,16 Triliun

Memahami kebutuhan ini, PT Global Digital Niaga Tbk (Blibli) berupaya terus relevan memenuhi kebutuhan belanja pelanggan secara seamless sejak berdiri hampir 13 tahun lalu. Melalui strategi omnichannel-nya yang inklusif, Blibli berevolusi dari e-commerce menjadi omnichannel commerce yang saat ini dilengkapi oleh lebih dari 172 toko fisik dan 63 gerai supermarket premium di seluruh Indonesia.

David Michum, Head of Value Added Service (VAS) Blibli, berujar, "Selama 13 tahun, Blibli secara konsisten menghadirkan layanan belanja yang aman, menguntungkan, dan berkelanjutan untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat Indonesia melalui inovasi beragam value-added services-nya sebagai enabler ekosistem perdagangan omnichannel Blibli Tiket. Beberapa solusi bernilai tambah yang ditawarkan Blibli adalah Click&Collect, Blibli In-store dan Trade-In, yang menjawab permasalahan sehari-hari para pelanggan."

Inovasi Value-Added Services untuk Pengalaman Belanja Omnichannel yang Nyaman

Perjalanan Blibli dimulai pada tahun 2016 lewat peluncuran solusi Blibli InStore. Solusi alat bayar yang dapat ditemui di banyak toko fisik ini merupakan jawaban atas kebutuhan pelanggan yang memiliki preferensi belanja offline, tetapi dengan alat pembayaran yang lengkap dan promo yang beragam. Setelah bertransaksi, pelanggan dapat langsung membawa pulang barang yang diinginkannya. Berdasarkan laporan tahunan Perseroan, Blibli InStore kini telah terintegrasi dengan lebih dari 8.900 mitra seller di lebih dari 14.000 lokasi di seluruh Indonesia. Adapun total transaksinya hingga saat ini disebut meningkat lebih dari 2.2 juta transaksi sejak tahun 2017.