Dengan kegigihannya dalam berkarya, tidak heran jika Ijfina menjadi salah satu konten kreator YouTube yang ikut serta dalam uji coba program YouTube Shopping Affiliates dan langsung bergabung sejak awal program ini diluncurkan.

Untuk menginspirasi konten kreator lainnya, Ijfina pun berbagi langkah-langkah penting yang selalu ia terapkan dalam proses menciptakan konten:

1. Brainstorming ide dengan memperhatikan tren

Ijfina selalu memulai prosesnya dengan riset tren terkini di media sosial khususnya YouTube, hingga platform e-commerce seperti Shopee. Dengan memahami tren, ia dapat menghasilkan ide-ide konten yang relevan dan berpotensi menarik perhatian audiens.

Jangan lupa tambahkan sentuhan personal, seperti greeting di awal video yang khas agar  konten lebih otentik dan berbeda dari yang lainnya.

2. Pastikan video informatif dengan durasi yang optimal dan tetap menghibur

Menurut Ijfina, konten yang terlalu panjang terkadang berisiko kehilangan perhatian penonton. Oleh karena itu, ia selalu memastikan videonya langsung ke inti, memberikan informasi penting dengan cara yang menarik dan mudah dipahami.

Siapkan script video untuk menjaga struktur cerita  dan masukkan elemen visual atau musik untuk menambah daya tarik.

3. Diversifikasi konten agar penonton tidak bosan dan bisa jangkau target audiens yang lebih luas

Ijfina percaya bahwa variasi konten adalah kunci. Ia tidak hanya fokus pada satu jenis konten, tetapi juga mencoba menghadirkan berbagai jenis konten, seperti tutorial, vlog, review produk, hingga mix and match pakaian.

4. Cek produk yang sedang trending di Shopee

Siapa bilang Shopee hanya bisa digunakan untuk berbelanja? Untuk memastikan kontennya relevan, Ijfina rajin mengecek produk yang sedang populer atau trending di Shopee, karena artinya produk tersebut sedang banyak peminatnya.

Setelah check out produk di Shopee, biasanya Ijfina akan menggunakan produk itu beberapa kali, dan jika memang bagus, ia akan merekomendasikan produk tersebut kepada para penontonnya.

"Sebagai konten kreator, kita harus selalu cerdas dalam beradaptasi, karena dunia digital bergerak sangat cepat. Jangan sampai tertinggal! Makanya, kalau ada peluang baru seperti YouTube Shopping Affiliates, kita harus langsung maksimalkan sebaik-baiknya,” tutup Ijfina.

Baca Juga: Kisah Sukses Meissie Gali Potensi lewat YouTube Shopping Affiliates dan Shopee