Di tengah dinamika dunia digital yang terus berkembang, kolaborasi antara teknologi, kreator, dan platform digital menciptakan ruang baru bagi kreativitas untuk tumbuh menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan.
Salah satu sosok yang berhasil memanfaatkan peluang ini adalah Harfrida Vindy Agustie, atau yang lebih dikenal sebagai IniVindy.
Dengan mengusung konten seputar kecantikan, parfum, dan gaya hidup, Vindy membuktikan bahwa konsistensi, edukasi, dan pemanfaatan teknologi dapat membuka jalan menuju kesuksesan yang berkelanjutan.
Perjalanan Vindy dimulai dari dunia blog pada 2011, kemudian berlanjut ke YouTube pada 2012. Latar belakangnya di bidang Desain Komunikasi Visual membantunya membuat transisi ke konten video lebih mudah.
Kini, kanal YouTube-nya telah berkembang menjadi ruang belajar yang interaktif, menyajikan tutorial yang tidak hanya informatif dan edukatif, namun juga dikemas dengan menarik.
Menjelaskan prosesnya dalam membuat konten, Vindy mengatakan, sebelum take video, diirnya selalu mulai dengan menyusun skrip. Pada proses, Vindy mengaku dirinya tidak hanya memperhatikan isi, tapi juga bahasa yang digunakan.
“Aku pilih kata-kata yang ringan dan bersahabat, supaya penonton merasa seperti sedang diajarin oleh teman sendiri. Selain itu, menurutku rutin berinteraksi dengan audiens dan sesama konten kreator juga sangat penting, maka itu aku rutin membaca, membalas komentar, dan juga ngobrol di media sosial dengan followers-ku. Semua itu aku lakukan agar tetap relevan, memahami kebutuhan audiens, dan terus tumbuh bersama mereka,” bebernya.
Shopee dan YouTube Shopping Affiliates: Hadirkan Tambahan Peluang bagi Vindy
Salah satu kunci keberhasilan Vindy terletak pada kemampuannya menjaga segmentasi konten. Ia tak mudah tergoda mengikuti tren yang tidak sesuai dengan identitasnya. Dengan tetap fokus pada kecantikan, gaya hidup, dan parfum yang dibungkus dengan pendekatan edukatif, Vindy berhasil membangun audiens yang loyal.
Selain itu, program yang turut mendukung perjalanan Vindy sebagai seorang konten kreator adalah keikutsertaannya dalam program YouTube Shopping Affiliates yang juga terintegrasi dengan Shopee.
Kolaborasi ini memungkinkan konten kreator seperti Vindy untuk menghubungkan konten informatif dengan pengalaman belanja yang lebih mudah dalam satu platform. Produk yang dibahas di video bisa langsung dibeli lewat tampilan interaktif, tanpa harus keluar dari YouTube.
“Sebelumnya, penonton harus scroll deskripsi video untuk cari link produk yang aku rekomendasikan. Menurutku ini cukup merepotkan, apalagi kalau mereka nonton videonya sambil multitasking. Sekarang, lewat YouTube Shopping Affiliates yang berkolaborasi dengan Shopee, produk yang aku rekomendasikan bisa langsung muncul di layar dan tinggal di-klik untuk langsung diarahkan ke Shopee, jadi pengalaman berbelanja lebih mudah,” tutur Vindy.
“Meski belum lama bergabung, aku sudah mulai merasakan tambahan penghasilan dari program YouTube Shopping Affiliates. Aku yakin program ini punya potensi besar sebagai cara baru untuk menginspirasi penonton, mendukung brand lokal, dan menambah penghasilan sebagai creator,” sambungnya.
Baca Juga: Kisah Sukses Ibu Rumah Tangga Raup Pendapatan 2 Kali Lipat Berkat YouTube Shopping Affiliate