Konsistensi dan kreativitas adalah dua pilar utama yang membantu Ijfina Amalia, seorang ibu rumah tangga berusia 32 tahun, dalam membangun eksistensinya sebagai konten kreator di YouTube.
Perjalanan Ijfina dimulai sejak tujuh tahun lalu dengan niat yang sederhana, yaitu berbagi kecintaannya dengan makeup. Melalui konten makeup tutorialnya, Ijfina berbagi informasi mengenai produk-produk yang terjangkau, mudah didapatkan, dengan langkah-langkah yang mudah diikuti oleh pemula.
Berkat kegigihannya dalam menyuguhkan konten makeup yang bermanfaat bagi banyak orang, kini Ijfina telah berhasil mengembangkan channel YouTube-nya hingga memiliki 1,3 juta subscribers.
Tidak berhenti di situ, Ijfina terus berusaha memaksimalkan potensinya, mulai dari memastikan kualitas videonya terus meningkat, hingga memanfaatkan sejumlah peluang baru seperti YouTube Shopping Affiliates, program YouTube yang berkolaborasi dengan Shopee.
Melalui program ini, tidak hanya berhasil mendapatkan penghasilan tambahan Ijfina juga bisa membantu penonton berbelanja produk yang ia rekomendasikan di keranjang video YouTube-nya dengan lebih mudah karena penontonnya secara otomatis akan diarahkan langsung ke aplikasi Shopee.
Ijfina mengaku dirinya tak menyangka YouTube benar-benar membuka peluang besar untuk dirinya menyalurkan kreativitas dan menginspirasi banyak orang.
“Rasanya sangat menyenangkan bisa membantu orang lain merasa percaya diri sambil melakukan hal yang aku suka, bahkan hingga bisa menjadi sumber penghasilan utama bagiku dan keluarga,” tutur Ijfina.
“Makanya, ketika program YouTube Shopping Affiliates hadir, aku menyadari program ini memiliki potensi besar dan hal ini buatku semakin semangat membuat konten. Ternyata benar saja, sejak bergabung dan aktif menautkan produk Shopee di setiap video yang aku upload, kini pendapatanku berhasil meningkat 2 kali lipat,” sambung Ijfina.
Tidak hanya konten yang kreatif dan inspiratif, dedikasi Ijfina untuk terus berkembang juga terlihat dari berbagai aspek. Kini, Ijfina juga turut membentuk sebuah komunitas bersama para subscribers-nya yang loyal dan telah percaya terhadap ulasan produknya.
Selain konsep konten yang menyenangkan dan menarik, Ijfina juga senantiasa meningkatkan kualitas kontennya dengan berbagai cara, mulai dari membangun studio sendiri, upgrade kamera dan lighting, hingga terus mengasah kemampuan serta pengetahuannya mengenai dunia kecantikan.
Lebih jauh, Ijfina pun bercerita mengenai hasil dari kerja kerasnya sebagai konten creator. Ia mengaku sangat bersyukur sekaligus bangga akan segala prestasi dan pencapaian yang telah digapainya sebagai konten kreator selama 7 tahun belakangan.
“Selain membangun rumah yang sekarang aku tempati, aku juga bisa membangun bisnis online, bisnis penyewaan dan penitipan mobil, ruko, hingga berhasil membuka lapangan kerja untuk orang lain. Semuanya mungkin tidak bisa aku gapai tanpa hasil membuat konten,” beber Ijfina.
“Bukan hanya manfaat secara materi, aku juga bisa upgrade banyak kemampuan, karena sering dipercayai untuk menjadi narasumber di berbagai acara. Bagiku yang lahir dan tumbuh di keluarga yang sederhana, segala pencapaianku sebagai konten kreator benar-benar menjadi kebanggaan untuk keluarga, dan rasa bangga itu lah yang aku anggap sebagai pencapaian tertinggiku,” lanjut Ijfina.
Baca Juga: Sederet Strategi Yudist Ardhana dalam Mengoptimalkan Dunia YouTube Shopping Affiliates