Ratusan kemasan sepatu yang menumpuk siap dikirimkan kepada pembelinya yang ada di berbagai daerah Indonesia. Setiap harinya ratusan pasang sepatu lokal mampu dijual Mikhayla Shoes yang berlokasi di Kota Bogor, Jawa Barat.
Adalah Esa Belia dan sang istri, Lusi Sulistiawati sosok pasangan tangguh di balik besarnya nama toko Mikhayla Shoes saat ini. Beberapa tahun lalu Esa dan Uci–sapaan akrab mereka–merintis usaha berjualan sepatu secara grosir di berbagai pasar lokal di daerah Bogor.
Pasang surut bisnis sudah diterjang pasangan suami istri ini. Salah satu tantangan terbesar adalah ketika pandemi COVID-19 menghantam warsa 2020. Penjualan mereka turun drastis karena adanya pembatasan aktivitas sosial.
Di masa penuh ketidakpastian Esa dan Uci memutar otak agar bisnisnya tak lantas karam. Di tengah kondisi yang gamang itu, mereka menemukan alternatif tempat berjualan untuk meneruskan usahanya, yakni dengan berjualan online lewat platform ecommerce.
“Pasar tempat kami berjualan harus tutup karena COVID-19 pada tahun 2020. Akhirnya, saya mutusin beralih ke online dan dari awal mulai usaha online, saya langsung kepikiran untuk buka toko di Shopee karena banyak pedagang lainnya di pasar yang juga jualan di Shopee. Ternyata memang benar penjualan kami lebih bagus di Shopee. Sampai sekarang pun ya jualan di Shopee, kita bisa dapat 150 pesanan per hari dan omzet ratusan juta per bulan,” jelas Uci.
Berdayakan Warga Lokal
Mikhayla Shoes dikenal sebagai toko sepatu lokal wanita yang punya beragam varian produk, termasuk flat shoes, heels, dan mules berharga terjangkau, di kisaran Rp20-70 ribu. Tak cuma memberikan kesuksesan bisnis bagi Esa dan Uci, Mikhayla Shoes memberdayakan para karyawan serta pengrajin sepatu lokal di sekitar tempat tinggal mereka.
Tak hanya memberdayakan puluhan pengrajin sepatu, Mikhayla juga mengoptimalkan bahan baku lokal berkualitas yang dikreasikan menjadi produk sepatu yang diminati banyak orang.
“Bisnis Mikhayla Shoes ini semuanya benar-benar serba lokal. Bahan baku kita lokal, pengrajin juga lokal. Bahan semuanya langsung diambil dari Bogor, pengrajin juga warga sekitar, yang setiap harinya berusaha ngejar pesanan dari Shopee. Saya senang usaha saya ini juga dapat memberikan manfaat bagi banyak orang,” tutur Uci.
Esa dan Uci bersyukur mereka kini bisa memberi manfaat kepada orang-orang di sekitar dan menjadi lebih mandiri secara ekonomi. Kilas balik beberapa tahun ke belakang, pasutri ini merantau dan harus menumpang di rumah saudara.
Setelah melalui perjuangan panjang dan berliku, Esa dan Uci kini bisa membangun rumahnya sendiri. Dari segi bisnis, mereka sudah memiliki dua rumah produksi Mikhayla Shoes yang berlokasi di Ciomas dan Ciapus yang membuat Mikhayla Shoes bisa menghadirkan produk yang beragam dan disukai konsumen.
Baca Juga: 3 Strategi Ampuh Bisnis Fesyen ala Korea, Laris Manis Omzet Miliaran Rupiah!
Kunci Kesuksesan Mikhayla Shoes Membangun Toko Online
Keberhasilan yang dicapai saat ini bisa dibilang buah dari kecermatan Esa dan Uci dalam membangun toko online. Salah satu faktor utama yang mereka kedepankan adalah menjaga kepuasan para pelanggan. Esa mengungkapkan keberhasilan Mikhayla Shoes tak terlepas dari kegigihannya menjaga kualitas produk dan layanan.
“Tempat jualan kami kan di Shopee, jadi kami harus menjaga banget tempat jualan ini jangan sampai reputasinya rusak. Kita jualan mencari penilaian pelanggan, makanya kami berusaha secara maksimal untuk selalu mengirim pesanan sesuai dengan pesanan pelanggan, gambar maupun deskripsi produknya, dan memastikan pengirimannya cepat nggak ditunda-tunda,” tambah Esa.
Dalam upaya menjaga kepuasan pelanggan, Mikhayla Shoes juga aktif bergabung dalam program kampanye Shopee.
“Investasi kami bergabung dalam program kampanye di Shopee terbukti efektif untuk mendorong penjualan kami. Di periode kampanye tanggal kembar maupun kampanye besar lainnya, penjualan kami bisa mencapai 200 pasang per hari. Omzet bulanan kami sekarang bisa mencapai ratusan juta rupiah,” sambung Esa.
Di sisi lain, Esa menyampaikan bahwa Mikhayla Shoes juga aktif menggunakan fitur jualan interaktif melalui Shopee Live. Mikhayla Shoes juga memanfaatkan voucher diskon dan Gratis Ongkir saat melakukan live streaming agar memberi nilai jual tambahan bagi pembeli.
“Saya sendiri yang nge-live setiap harinya, dua jam dalam sehari. Shopee Live bantu bikin customer ngerasa kayak belanja langsung, mirip waktu kita jualan di pasar dulu, cuma sekarang kita bawa pengalaman itu ke online,” papar Esa.
Berdasarkan data internal Shopee, fitur interaktif Shopee Live terus berkontribusi terhadap pertumbuhan UMKM dan Brand lokal secara signifikan. 95% UMKM dan Brand Lokal yang bergabung di Shopee Live sejak tahun lalu mengalami peningkatan transaksi signifikan di awal tahun 2024. Di semester awal 2024, Mikhayla Shoes sendiri telah mencapai peningkatan omzet penjualan melalui Shopee Live hingga hampir 90% jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.