Growthmates, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan kata “endorse” atau promosi lewat para influencer yang memiliki banyak pengikut di berbagai macam platform. Bahkan, tidak sedikit juga influencer yang memiliki bisnis sendiri dan mempromosikannya di berbagai media sosial.
Melihat fenomena tersebut, Jakpat dan Jangkara.id menggelar riset digital pada Ramadan 2024 untuk melihat sejauh mana promosi produk atau jasa yang dilakukan para influencer serta bagaimana publik merespons hal tersebut.
Riset ini melibatkan 1.180 responden aplikasi survei online Jakpat dan melalui monitoring 4.151 unggahan pada 50 influencer Instagram dengan pengikut terbanyak di Indonesia yang dikurasi oleh Jangkara. Survei dilakukan pada momen Ramadan di bulan Maret 2024.
Lantas, apakah benar promosi bisnis lewat influencer membuat hasilnya lebih efektif?
Survei online Jakpat mengungkap 87% responden setuju jika promosi oleh influencer bisa membuat produk lebih dikenal oleh masyarakat. Lalu, sebanyak 72% responden setuju jika promosi produk melalui influencer di media sosial lebih menarik daripada iklan di media massa.
Sebanyak 65% responden mengaku tertarik membeli produk yang dipromosikan influencer. Produk fashion, kecantikan, dan kuliner adalah kategori yang paling diminati responden.
"Di masa kini, influencer menjadi salah satu sumber informasi bagi konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian. Oleh karena itu, peran influencer yang mampu memberikan informasi detail, akurat, dan terpercaya menjadi sangat penting," kata Research Lead Jakpat, Farida Hasna dikutip Olenka dari keterangan resminya, Sabtu (4/5/2024).
Baca Juga: Perkuat Penetrasi Bisnis di Jawa Barat, CIMB Niaga Tingkatkan Customer Experience
Raffi-Gigi paling popular dan paling aktif promosi
Hasil survei menunjukkan bahwa pasangan Raffi Ahmad & Nagita Slavina (Raffi-Gigi) adalah influencer terpopuler dengan 77% responden yang mengenalinya. Mereka juga menduduki peringkat teratas dari segi pengikut, yaitu 75,4 juta followers.