Posisi selanjutnya ada Prilly Latuconsina (65%) yang memiliki pengikut 55,8 juta dan Baim Wong (64%) dengan jumlah pengikut 18,5 juta.
Sejalan dengan itu, berdasarkan monitoring di Instagram, Raffi-Nagita juga tercatat menjadi influencer yang paling aktif mempromosikan produk selama Ramadan 2024.
Terdapat 419 unggahan (story, image feed, dan video feed) dari akun @raffinagita1717 yang berisi promosi produk. Disusul oleh Ivan Gunawan (379 unggahan), Citra Kirana (277 unggahan), dan Ria Ricis (260 unggahan).
Baca Juga: Jelajahi Peluang Bisnis Lewat Franchise & License Expo Indonesia 2024, Catat Tanggalnya!
Produk yang dipromosikan
Sebanyak 81% responden Jakpat menyatakan produk kecantikan, seperti skincare, body care, parfum, dan makeup menjadi produk yang paling banyak dipromosikan oleh influencer. Produk promosi lain yang juga sering dilihat responden adalah fashion (73%) dan kuliner (71%).
Sementara, hasil monitoring Instagram mencatat produk fashion adalah terbanyak dipromosikan (34%) dari keseluruhan unggahan dengan dominasi promosi pakaian muslim (813 promosi).
Selanjutnya, produk kuliner (25%) dengan unggahan terbanyak produk makanan (516 promosi) dan produk kecantikan (19%) dengan unggahan terbanyak produk skincare (394 promosi).
Nah, itulah hasil riset terkait promosi bisnis lewat influencer. Semoga bermanfaat, ya!