-
Fokus pada Tanggung Jawab dan Ambil Tindakan
Cara hebat lainnya untuk menyesuaikan pola pikir adalah dengan memastikan kamu tidak sekadar merenungkan suatu masalah, tetapi mencari cara untuk mengambil tindakan dan memperbaiki keadaan.
Jika kamu hanya memproses apa yang salah, apa yang tidak berfungsi, atau hal-hal yang berada di luar kendali, hal itu dapat melemahkan dan membuat depresi. Namun, jika kamu dapat mengubah pikiran dan fokus pada cara-cara untuk mengambil tindakan, kamu akan memperoleh manfaat besar dalam kesejahteraan.
Selain itu, kelola pikiran dengan menentukan peran yang kamu mainkan. Fokus pada bagaimana kamu dapat memberdayakan diri sendiri untuk mengambil tanggung jawab guna memperbaiki situasi atau memecahkan masalah. Semua ini akan berkontribusi pada kesejahteraan positif, karena dapat memulihkan rasa perspektif dan kendali.
Baca Juga: Bosan, Pekerjaan Terlalu Monoton? Waspadai Sindrom Boreout dan Dampaknya bagi Kesehatan Mental
-
Ciptakan Batasan
Kamu juga dapat mengurangi pikiran berlebihan dengan menetapkan dan melindungi batasan. Sulit untuk berhenti memikirkan pekerjaan jika selalu sibuk atau selalu mengecek pekerjaan.
Beri tahu rekan kerja bagaimana kamu ingin dihubungi. Sebagian orang merasa nyaman dengan teks, sementara yang lain lebih suka email yang dapat mereka pilih untuk diperiksa atau tidak.
Namun, pastikan juga kamu bertanggung jawab secara pribadi atas seberapa sering mengecek pesan. Matikan notifikasi. Tetapkan batasan untuk diri sendiri kapan akan melihat pesan. Bersikaplah fleksibel. Jika kamu sedang mengerjakan proyek besar, orang lain mungkin membutuhkanmu untuk lebih tanggap, tetapi secara keseluruhan, kamu dapat bertanggung jawab untuk membuat keputusan tentang kapan akan mengecek pesan.
-
Tetapkan Rutinitas
Cara lain yang sangat efektif untuk mengurangi waktu yang dihabiskan untuk memikirkan pekerjaan adalah dengan menetapkan rutinitas yang membantumu melepaskan diri. Rutinitas ini sangat efektif karena memberi isyarat kepada otak bahwa kamu sedang beralih ke sesuatu yang berbeda.
Kelola pikiran dengan membuat rutinitas untuk melepaskan diri dan memberi isyarat kepada diri sendiri bahwa sudah waktunya berhenti memikirkan pekerjaan. Cara lain yang dapat kamu lakukan untuk berhenti memikirkan pekerjaan adalah dengan mengubah isi pikiran dan menjadi aktif.
-
Pikirkan Topik Lain
Terkadang sulit untuk berhenti melakukan sesuatu atau memikirkan sesuatu. Secara neurologis, kita lebih baik dalam mengganti pikiran yang ingin dihentikan dengan pikiran lain yang dapat difokuskan.
Cobalah kelola pikiran dengan mengisi pikiranmu dengan topik-topik non-pekerjaan yang diminati, yang menarik minat, dan yang dirasa penting. Dengan strategi ini, kamu akan mengisi kapasitas otak dengan pikiran-pikiran dan area fokus baru.