Bayu Hanantasena punya nama besar di bidang teknologi Informasi Tanah Air, pria kelahiran Jakarta 10 November 1977 itu sudah terlibat dalam berbagai proyek penting di Indonesia, salah satunya adalah pembangunan Jaringan komunikasi di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Sekarang ini, Bayu menjadi salah satu tokoh penting Lintasarta, sebuah perusahaan  yang bergerak di bidang penyedia jasa komunikasi data, internet & IT Services. Di perusahaan yang telah berdiri sejak  April 1988 itu Bayu duduk sebagai President Director & CEO setelah sebelumnya menjabat  Komisaris pada medio 2020-2023. 

Baca Juga: Bertemu Jokowi, Luhut: Kondisinya Belum Sepenuhnya Pulih

Sebagai orang nomor satu di Lintasarta Bayu berhasil mengembangkan sejumlah ide brilian untuk kemajuan perusahaan di bawah kepemimpinannya Bayu memoles perusahan yang bisa menyediakan berbagai jenis jasa di bidang telekomunikasi seperti penyediaan berbagai solusi teknologi, termasuk konektivitas, komputasi awan, dan keamanan siber. 

Bayu juga menjadi salah satu tokoh penting yang mendorong transformasi digital di berbagai sektor industri, termasuk melalui inisiatif seperti AI for Indonesia dan pembangunan infrastruktur TIK di Ibu Kota Nusantara. 

Kecakapan Bayu dalam bidang teknologi informasi tentu saja didukung latar belakang pendidikan yang mentereng, Bayu diketahui meraih Sarjana Teknik Elektro dari Institut Teknologi Sepuluh November, Diploma dalam Manajemen Telekomunikasi dari Cable & Wireless College, UK, dan Magister Manajemen Teknologi dari Massachusetts Institute of Technology (MIT). 

Tetapi pendidikan bukan faktor tunggal, Bayu juga punya pengalaman panjang yang membantunya berkembang seperti sekarang ini. 

Sebelum bergabung dengan Lintasarta, Bayu sudah melanglang buana ke berbagai perusahaan besar, ia tercatat pernah menjabat sebagai Direktur Pemasaran di Unilever Indonesia, VP Pemasaran di Coca-Cola Amatil Indonesia, dan Chief Marketing Officer di PT Mayora Indah Tbk. 

Terlepas dari segudang kesuksesan di perusahan-perusahan multinasional itu, Bayu juga pernah tercatat menjabat sebagai Chief Marketing Officer di  Indosat Ooredoo pada tahun 2016. Di Indosat. Di sini ia berhasil menorehkan namanya lewat berbagai pencapaian yang membuat sosoknya mulai dikenal publik. 

Lewat tangan Bayu, Indosat berhasil merengkuh sejumlah capaian penting  seperti IM3 Ooredoo Freedom, VideoMax, dan myIM3.

Tak hanya itu, Bayu menjadi aktor penting di balik pembangunan ekosistem digital yang kuat melalui kemitraan dengan berbagai platform dan aplikasi.

Selain itu ia juga sukses mengembangkan kampanye pemasaran dan memenangkan banyak penghargaan. Lewat sederet capaian mentereng itu, Bayu berhasil meningkatkan citra merek Indosat Ooredoo di mata pelanggan dan masyarakat luas.

Bayu yang visioner selalu datang membawa ide strategi baru, ia tahu persis kebutuhan pelanggan, untuk itu dia selalu berupaya mengembangkan produk dan layanan yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan mereka. 

Di samping itu ia juga membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan melalui berbagai saluran, termasuk media sosial, aplikasi seluler, dan pusat layanan pelanggan.

Atas berbagai dedikasinya dan berbagai prestasi yang telah dicapai, Bayu berhasil meraih sejumlah penghargaan bergengsi

Seperti penghargaan CMO of the Year (2017) oleh Majalah Marketing, Indonesia’s Best CMO (2019) oleh Asia Business Research Group serta Top 100 Indonesia’s Most Respected CMOs (2021) oleh MarkPlus, Inc.

Pemimpin Inspiratif

Dalam perjalanan panjang kariernya, Bayu sudah dikenal sebagai sosok yang mengayomi juga sebagai pelita penuntun jalan. Bayu dianggap sebagai salah satu pemimpin inspiratif yang pandai memotivasi dan memberi semangat. Pada prinsipnya, Bayu sangat percaya bahwa kesuksesan tim bergantung pada kolaborasi, inovasi, dan budaya kerja yang positif.

Baca Juga: Senang Indonesia Aman di Tengah Gejolak Global, Prabowo: Tak Ada Kemakmuran yang Dicapai dengan Perdamaian

Bayu selalu berupaya untuk memberikan bimbingan dan dukungan kepada rekan-rekannya, memotivasi mereka untuk mencapai potensi terbaik mereka. 

Ia juga secara aktif terlibat dalam pengembangan karyawan, memastikan bahwa mereka memiliki keterampilan dan sumber daya yang diperlukan untuk berkembang dalam lingkungan bisnis yang semakin kompetitif.