Stres karena beban pekerjaan yang menumpuk kerap dialami oleh banyak pekerja. Tak jarang ketika stres karena pekerjaan melanda, overthinking atau berpikir berlebih seakan menjadi ‘kawan’. Namun, terus menerus overthinking pada beban pekerjaan yang tak ada habisnya, hanya akan berdampak buruk pada kesejahteraan mental.

Kalau sudah begini, berhenti memikirkan pekerjaan dan mengarahkan pikiran ke arah yang lebih positif perlu dilakukan. Bijak dalam mengelola stres bisa berdampak pada kesejahteraan secara keseluruhan, termasuk fisik dan emosional.

Mengelola pikiran bukan hanya soal menenangkan diri, tetapi juga mencakup bagaimana kita menggunakan bahasa dalam berpikir. Kata-kata yang digunakan dan cara berpikir tentang berbagai hal dapat memengaruhi sistem keyakinan. Hal ini disebut determinisme linguistik, dan ini merupakan pengingat bahwa mengelola pikiran adalah salah satu cara utama untuk memengaruhi keyakinan dan perilaku secara positif.

Berikut ini dikutip dari laman Forbes, Rabu (21/5/2025), tips mengatasi overthinking karena beban pekerjaan yang bisa coba kamu terapkan. 

Baca Juga: 'Mengurus Anak dan Orang Tua Adalah Pekerjaan Mulia'

  1. Izinkan Diri untuk Merenung

Ini adalah hal yang sehat untuk mempertimbangkan hari dan mengidentifikasi cara untuk meningkatkan diri. Menjadi hal wajar jika kita terus memikirkan pekerjaan dalam keseharian, dan bahkan sudah ada dalam naluri ingin melakukan pekerjaan dengan baik dan menghasilkan kredibilitas.

Kelola pikiran dengan memberi diri izin untuk merenung atau memikirkan pekerjaan di luar jam kerja. Kamu dapat merenung selama perjalanan pulang atau merenungkan suatu masalah saat mengajak hewan peliharaan jalan-jalan. Proses berpikir ini wajar dan dapat membantu dalam mengembangkan ide-ide tentang tantangan yang sedang dihadapi.