Peningkatan Bisnis Lewat Ekspansi Luar Negeri ke ASEAN

Dunia usaha di Indonesia (93% responden) menunjukkan keinginan yang kuat untuk meningkatkan profitabilitas dan meningkatkan pendapatan melalui ekspansi ke luar negeri, terutama di sektor manufaktur, teknik, dan layanan bisnis. Perusahaan-perusahaan termotivasi untuk memperluas pasar pada skala internasional guna membangun reputasi, memanfaatkan jaringan regional atau global, serta memanfaatkan peluang untuk produk dan layanan yang ditawarkan.

Baca Juga: Studi Terbaru Kearney Ungkap Kebutuhan Krusial terhadap Keberlanjutan Regeneratif di Indonesia

Keinginan akan ekspansi ke luar negeri sebagian besar mengarah ke negara-negara ASEAN (78%) dan negara-negara di Asia Utara lainnya (31%). Malaysia dan Singapura menjadi tujuan utama untuk kawasan ASEAN. Namun, 48 persen dunia usaha masih berupaya menemukan mitra yang tepat untuk kerja sama di pasar luar negeri. Lebih dari empat dari 10 bisnis masih memiliki dukungan keuangan atau dana yang belum memadai.

Beberapa langkah dukungan diharapkan dapat membantu perusahaan mengatasi masalah yang dialami, seperti membangun koneksi ke bisnis perusahaan besar yang merupakan calon pembeli untuk produk klien dan menjalankan program pelatihan untuk meningkatkan keterampilan karyawan. Selain itu, sebagian besar perusahaan menunjukkan minat dalam menggunakan platform perdagangan digital antara negara untuk melakukan ekspansi ke luar negeri.