UOB Indonesia mengumumkan pembaruan UOB PRIVIMiles Card yang menawarkan perolehan miles lebih cepat untuk tujuan wisata ternama di ASEAN seperti Singapura, Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Pembaruan kartu ini diselenggarakan serentak di seluruh kawasan ASEAN. Proposisi nilai Kartu UOB PRIVIMiles berupa konektivitas regional ini menawarkan akses yang mudah ke jaringan layanan UOB di seluruh kawasan kepada para wisatawan dari Indonesia.

Berdasarkan kajian ASEAN Consumer Sentiment Study 2024 yang dilakukan UOB, lebih dari tiga dari lima konsumen Indonesia merogoh saku mereka di negara-negara ASEAN terutama untuk perjalanan dinas dan berwisata. Sebagian besar pengeluaran di luar negeri dilakukan di Singapura, Malaysia, dan Thailand. Adapun di antara metode pembayaran di luar negeri, 63 persen konsumen Indonesia lebih memilih membayar dengan kartu kredit/debit fisik atau seluler, sedangkan hanya 49 persen responden menyukai pembayaran uang tunai.

Baca Juga: Kolaborasi Garuda Indonesia dan BCA Digital Luncurkan Garuda x bluDebit Card

Seiring dengan peningkatan jumlah perjalanan khususnya di negara-negara ASEAN, Kartu UOB PRIVIMiles memberikan manfaat berupa perolehan miles yang lebih cepat ketika berbelanja di tujuan wisata di ASEAN (untuk setiap pembelanjaan senilai Rp4.500, pemegang kartu akan memperoleh 1 miles). Selain itu, pemegang kartu kini dapat menikmati akses gratis ke lounge bandara premium di seluruh dunia dengan Priority Pass hingga dua kali per tahun serta asuransi perjalanan hingga Rp25 miliar

Cristina Teh Tan, Consumer Banking Director, UOB Indonesia mengatakan, "Kami menyadari tren berwisata yang terus meningkat di kalangan konsumen dan kami ingin menjadikan berwisata internasional menjadi lebih menguntungkan melalui Kartu UOB PRIVIMiles yang terus kami sempurnakan."

Mengutip data UOB Indonesia, jelas Cristina, terjadi peningkatan sebesar 23 persen dalam hal belanja di tujuan wisata di ASEAN serta peningkatan sebesar 17 persen dalam hal belanja di luar negeri secara keseluruhan dari Desember 2023 hingga Juli 2024.

"Angka ini menunjukkan bahwa orang Indonesia makin menyukai berwisata sehingga dapat menyoroti pentingnya manfaat yang berfokus pada wisata agar sesuai dengan gaya hidup mereka. Melalui Kartu UOB PRIVIMiles yang telah diperbarui, kami ingin mendukung nasabah setiap kali berwisata sekaligus meningkatkan nilai setiap transaksi yang dilakukan nasabah saat berada di luar negeri," ujarnya, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (11/12/2024).

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia, jumlah wisata ke luar negeri di antara wisatawan Indonesia tercatat sebesar 660.000 pada tahun 2024. Angka ini meningkat 17,8 persen dibandingkan tahun lalu. Malaysia dan Singapura menjadi tujuan utama wisatawan Indonesia. Sebanyak 31,2 persen wisatawan memilih Malaysia, sementara 13,7 persen wisatawan memilih Singapura.