Prinsip Sukses Star Yuan

Dengan misi untuk menghadirkan kopi berkualitas tinggi dan terjangkau, kepemimpinan Star Yuan telah membuat Tomoro Coffee tumbuh pesat. Awalnya, Tomoro Coffee memiliki 271 toko. 

Pada akhir tahun 2023, perusahaan berencana untuk membuka 400 toko, dengan rata-rata dua gerai baru setiap harinya, dengan total 1500 toko pada akhir tahun 2024, dan beberapa perluasan toko di Singapura, Filipina, dan Tiongkok.

Dan di awal 2025 ini, Tomoro Coffee memiliki lebih dari 600 gerai di 60 kota di Indonesia. Tomoro Coffee juga telah membuka cabang di luar negeri, yaitu 1 gerai di Shanghai, Cina; 6 gerai di Singapura; dan, 2 gerai di Filipina. Tomoro Coffee juga berencana membuka 1.000 gerai. Selain itu, mereka juga menargetkan ekspansi ke Asia Tenggara, seperti Malaysia, Kamboja, Vietnam, dan Thailand.

Star sendiri sangat terlibat dalam setiap aspek penawaran Tomoro Coffee, mulai dari pemilihan biji kopi hingga hasil akhir, memastikan kualitas terbaik untuk "TOMMUNITY" – sebutan untuk basis konsumen setia Tomoro.

Meskipun demikian, visinya lebih dari sekadar kopi. Nilai-nilai merek tersebut merangkum penciptaan pengalaman yang selaras dengan selera dan harapan konsumen. Untuk mencapai tujuan tersebut, ia bekerja sama erat dengan timnya untuk terus berinovasi, dengan berfokus pada keunggulan produk dan pengalaman pelanggan yang berkesan.

Tantangan membangun kepercayaan di pasar yang kompetitif seperti kopi tidak menghalangi Star. Ia mengasah preferensi lokal dan, dengan menekankan transparansi dan kualitas, ia berhasil membedakan Tomoro Coffee dari pemain yang sudah mapan. 

Secara pribadi, ia mengikuti prinsip benfen dari Tiongkok, yang berarti berkomitmen pada tanggung jawab yang dipercayakan dan berfokus pada pencapaian hasil yang diinginkan. Inilah cara ia tetap berkomitmen untuk memberikan hasil yang nyata.

Ke depannya, ambisi Star adalah memperluas Tomoro Coffee secara global, membawa semangat merek tersebut ke khalayak yang lebih luas. Dengan fokus pada kualitas produk, inovasi berkelanjutan, dan ekspansi internasional, Star berharap, Tomoro dapat memperluas pangsa pasarnya di luar Indonesia.

Dengan fondasi yang kuat dan dedikasi yang konstan, ia juga menargetkan untuk memiliki 1.000 gerai di Indonesia, dalam upaya mewujudkan masa depan di mana Tomoro Coffee menjadi nama yang dikenal secara internasional, menginspirasi orang melalui kopi dan pesan kegigihan.

“Saya masih merasa bahwa kami belum berlari secepat yang kami inginkan, tetapi kami berlari ke arah yang benar. Ini sebagian besar karena kami telah ‘berdiri di atas bahu para raksasa’ yang telah menapaki jalan di lanskap Indonesia,” papar Star Yuan.

Selain memperluas jaringan, Tomoro Coffee juga ingin membangun komunitas pecinta kopi di Indonesia dan Asia Tenggara. Mereka berencana untuk mengadakan berbagai acara komunitas, seperti kelas penyeduhan kopi, tur kebun kopi lokal, dan program loyalitas yang lebih personal.

Dan, dalam waktu lima tahun, Star berharap Tomoro Coffee akan meraih kesuksesan yang sama rintisan pendahulunya dulu, Oppo dan J&T Express. Namun, langkah pertama adalah mengatasi pertumbuhan lokal melalui ekspansi di pasar Indonesia.

“Tomoro Coffee adalah merek internasional yang memulai perjalanannya di Indonesia. Selangkah demi selangkah, kami fokus pada lokalisasi merek. Kemudian, kami berharap setiap sudut dunia dapat mencicipi Tomoro Coffee,” kata Star, dikutip dari Global Coffee Report.

“Tomoro Coffee adalah tentang masa depan. Ini tentang mendorong konsumen kami untuk menerima apa pun yang akan terjadi selanjutnya, menjadi diri mereka yang terbaik, dan mewujudkan impian mereka. Semoga produk kami menginspirasi mereka untuk melakukannya,” tandas Star Yuan.

Baca Juga: Yoshua Tanu: Sosok di Balik 'Jago Coffee', Kopi Delivery yang Lahir Kala Pandemi