Perkuat Eksistensi dan Optimalkan Peluang Bisnis di E-Commerce
Keputusan Gun untuk mengembangkan pasar lewat e-commerce terbukti tepat. Seiring waktu, Gun mulai memahami pentingnya menggunakan berbagai fitur dan program di Shopee untuk membantu meningkatkan penjualan.
Gun juga rajin melakukan evaluasi terhadap ulasan-ulasan dari para Pembeli untuk peningkatan layanan ke depannya. Berkat hal tersebut, Hello Zenina pun mengalami pertumbuhan yang signifikan dan menerima hingga sekitar 3.000 pesanan setiap bulannya. Bahkan, kini Shopee menjadi platform dengan penjualan terbesar bagi Hello Zenina dengan, kontribusi sebesar 90% dari total pendapatan atau sekitar ratusan juta per bulan.
Kesuksesan UMKM di era digital ini tentunya tidak hanya bergantung pada kualitas produk, tetapi juga pada ketepatan strategi dalam memanfaatkan ekosistem marketplace.
Sejak bergabung dengan Shopee pada 2018, Gun memanfaatkan berbagai fitur dan program di Shopee, seperti Voucher Diskon, Iklan Shopee, Meta Collaborative Ads (CPAS), Affiliate Marketing Solution, dan berbagai kampanye bulanan seperti tanggal kembar, gajian sale, dan flash sale. Gun juga mengakui kini banyak sanak saudara dari kampung halamannya yang ikut bekerja bersamanya membangun dan mengembangkan bisnis Hello Zenina.
“Saya melihat perkembangan pola belanja online di masyarakat itu sudah berubah. Jika dulu banyak orang yang masih ragu untuk berbelanja online, sekarang malah banyak orang yang merasa nyaman saat berbelanja online. Jadi kalau saya tidak bisa cepat beradaptasi, bisnis saya pasti akan ketinggalan.
“Meskipun di awal memang saya harus belajar banyak karena perkembangan teknologi yang sangat cepat, namun saya yakin Shopee bisa jadi tempat berjualan yang tepat untuk jangka panjang. Sebab, makin kesini saya lihat selalu ada peningkatan pada fitur dan program yang ditawarkan Shopee, yang tentunya sangat membantu penjualan kami. Saya yakin ke depannya akan lebih bagus lagi,” tambahnya.
Untuk mendukung UMKM lokal bisa terus bertumbuh, Shopee juga baru saja menghadirkan terobosan program terbaru bernama Jagoan UMKM, sebuah kompetisi UMKM perdana berbasis reality show yang dirancang untuk membuktikan keterampilan pelaku UMKM dalam mengelola usaha mereka.
Program Jagoan UMKM ini dihadirkan dalam enam episode yang akan tayang di kanal YouTube Shopee Indonesia. Pendaftaran kompetisi Jagoan UMKM telah dibuka dan akan berlangsung hingga 30 April 2025.
Para pengusaha UMKM lokal seperti Gun yang sudah bergabung di Shopee selama minimal dua tahun dan memproduksi produk lokal bisa meraih kesempatan memenangkan total hadiah senilai 1 miliar Rupiah dengan segera mendaftarkan diridi shopee.co.id/m/jagoan-umkm.
Baca Juga: Merintis dari Nol, Pemuda Asal Bandung Manfaatkan Peluang Besar E-commerce untuk Bangun Bisnisnya