Di tengah era digital yang kian pesat, e-commerce terus menjadi kontributor terbesar bagi pertumbuhan ekonomi digital dari tahun ke tahun, terutama bagi UMKM lokal di Indonesia. Laporan e-Conomy SEA 2024 yang diterbitkan oleh Google, Temasek, dan Bain & Company mencatat kontribusi e-commerce untuk digital ekonomi Indonesia mencapai USD 65 miliar.
Angka tersebut diproyeksikan akan terus mengalami peningkatan hingga mencapai $150 miliar pada tahun 2030. Hal ini juga menunjukkan bahwa e-commerce terus menjadi platform strategis dan menjanjikan bagi para pengusaha UMKM untuk berkembang.
Billy Noviar, pemilik usaha tekstil bernama Papastore.bdg adalah salah satu pengusaha UMKM muda yang turut merasakan dampak positif dari kehadiran e-commerce. Siapa sangka berjualan apron yang merupakan produk komplementer di industri Food & Beverages (F&B) bisa membawa kesuksesan bagi pengusaha UMKM asal Bandung ini.
Pada tahun 2019, Billy bersama tiga orang temannya mengawali perjalanan bisnis onlinenya dengan berjualan tote bag di Shopee. Sayangnya, penjualan mereka kurang memuaskan dan membuat mereka harus memutar otak mencari peluang bisnis baru yang lebih menjanjikan. Melihat tren bisnis F&B yang terus berkembang, Billy dan teman-temannya melakukan riset pasar terkait jenis produk yang berpotensi laris di pasar F&B.
Hasil riset tersebut mengantarkan Billy dan ketiga temannya bersepakat untuk beralih mencoba berjualan apron di akhir tahun 2019. Meskipun bersifat pelengkap, apron adalah salah satu produk komplementer esensial dalam industri F&B. Di tengah perjuangan merintis bisnis barunya, Billy kembali menemui tantangan baru, yaitu ketiga temannya memutuskan untuk berhenti menjalankan bisnis bersama.
“Awalnya sangat berat. Saya bahkan sempat bingung apakah harus melanjutkan atau berhenti bangun bisnis. Namun, saya percaya bahwa setiap tantangan adalah pelajaran yang bisa membuat kita lebih kuat. Saya pun belajar otodidak fitur dan program di Shopee, trial and error pokoknya. Tapi tekad saya gak gentar. Sampai akhirnya, gak kerasa saya sudah 6 tahun fokus berjualan Papastore.bdg eksklusif hanya di Shopee,” ujar Billy.
Baca Juga: Kisah Sukses Ibu Rumah Tangga Raup Pendapatan 2 Kali Lipat Berkat YouTube Shopping Affiliate