Lanjut Sunarso, menyoal kinerja tim IT yang dulu kerap offline —-satu jam, satu jam setiap harinya— hal tersebut, menurutnya, bisa dievaluasi dengan membuat KPI mengikuti standar industri keuangan.
“di Singapura misalnya, satu tahun industri keuangan hanya boleh offline maksimal 4 jam. Satu industri keuangan offline lebih dari 4 jam setahun, maka ditutup. Karena apa? Tidak layak, berarti ada operational risk yang sangat berbahaya,” tutur Sunarso.
Baca Juga: Sunarso Bicara Soal Optimasi Leadership dan Culture: Sulit Ditiru Bahkan Disalip
Menurut Sunarso, cara tersebut membuat karyawan berlomba untuk tidak pernah offline demi memenuhi KPI yang ditetapkan perusahaan.
“Jadi, kemudian orang akan berlomba-lomba menjaga supaya tidak pernah offline, karena offline akumulasinya dihitung maksimal 4 jam dalam setahun. Itu adalah contoh dari mengkualifikasi unit-unit support di dalam KPI,” imbuhnya.