Key Performance Indicator atau KPI kerap digunakan untuk mengukur keberhasilan organisasi atau perusahaan dalam mencapai tujuan. Umumnya, cara mengukur atau menghitung KPI dengan membagi jumlah hari yang dihadiri karyawan dengan jumlah hasil kerja yang tersedia dalam periode tertentu, dan hasilnya diperoleh dalam bentuk persentase.

Direktur Utama BRI, Sunarso, mengungkap cara mengukur KPI dengan menggunakan metode SLA atau Service Level Agreement. SLA sendiri merupakan kesepakatan dan standar layanan antara penyedia layanan dan pelanggan.

Dicontohkan Sunarso, misalkan saat mengurus proses purchasing order (PO) yang bisa membutuhkan waktu satu minggu. Namun, dengan SLA, prosesnya bisa selesai dalam waktu satu jam saja. 

Baca Juga: Dirut BRI Sunarso Ungkap Cara Mengukur Keberhasilan Corporate Culture yang Paling Fair, Seperti Apa?

“Begitu ada PO, dan kemudian prosesnya didigitalkan, maka satu jam selesai. Itu SLA, dan itu bisa di KPI-kan,” ujar Sunarso seperti Olenka kutip, Senin (28/10/2024).