DHL Express kembali meraih pengakuan sebagai salah satu perusahaan terbaik untuk bekerja di Asia, dengan menempati posisi #2 dalam daftar Great Place to Work® Best Workplaces in Asia™ 2025.
Penghargaan ini berlaku untuk seluruh operasi DHL Express di Asia Pasifik, dan menjadi tonggak penting karena perusahaan berhasil konsisten masuk 3 besar selama 10 tahun berturut-turut. Pada saat yang sama, DHL Express Indonesia dengan bangga merayakan pencapaiannya sendiri, setelah berhasil dinobatkan sebagai #1 Best Workplace™ di Indonesia selama tiga tahun berturut-turut.
“Karyawan adalah pusat dari segala hal yang kami lakukan. Saya bangga atas pencapaian ini, karena secara konsisten diakui sebagai tempat kerja pilihan. Dedikasi, semangat, dan inovasi tim untuk memastikan setiap karyawan memiliki sarana dan kesempatan berkembang adalah kunci keberhasilan kami hari ini,” ujar CEO Asia Pasifik DHL Express, Ken Lee, dalam keterangannya, Rabu (24/9/2025).
Baca Juga: Tingkatkan Pengalaman Pelanggan di Bandung, DHL Express Indonesia Resmikan Service Point Cihampelas
Baca Juga: Duet Bersama: DHL Express Indonesia dan BCA Sinergi Kurangi Jejak Karbon Logistik
“Di tengah perubahan pola perdagangan dan rantai pasok yang semakin kompleks, kami harus tetap fokus, lincah, dan adaptif tanpa mengorbankan keselamatan serta kesejahteraan karyawan. Saya yakin hal ini akan menempatkan kami pada posisi yang berbeda di masa depan, sekaligus mempercepat pertumbuhan berkelanjutan.”
Dorong Pemberdayaan Karyawan Lewat Strategi 2030
Pencapaian ini hadir di tengah meningkatnya tantangan industri logistik yang turut dipengaruhi oleh dinamika tenaga kerja, salah satu megatrend dalam Strategi 2030 DHL Group yang dinilai akan berdampak besar pada sektor tersebut.
Munculnya teknologi baru telah mengubah profil pekerjaan, pola tenaga kerja, hingga ukuran segmen industri. DHL Express berkomitmen untuk memperkuat sumber daya manusia dan mempersiapkan organisasi menghadapi masa depan dengan fokus pada peningkatan keterampilan, keberagaman dan inklusivitas, serta digitalisasi.
Sebagai contoh, dalam setahun terakhir perusahaan telah berinvestasi dan meluncurkan platform teknologi modern untuk meningkatkan kualitas serta produktivitas fungsi penjualan dan layanan pelanggan.
DHL Express meyakini pentingnya merayakan dan mengapresiasi individu atas kontribusi luar biasa mereka. Melalui Employee of the Year Awards yang digelar setiap tahun, perusahaan memberikan penghargaan kepada karyawan di kawasan Asia Pasifik yang mencerminkan nilai-nilai DHL: kecepatan, semangat, sikap pantang menyerah, serta komitmen untuk selalu benar sejak awal.
Tahun ini, lebih dari 200 karyawan yang melampaui tanggung jawab pekerjaannya berhasil meraih penghargaan tersebut. Pada kesempatan yang sama, DHL juga memberikan apresiasi kepada para pemenang DHL’s Got Heart, yaitu lima karyawan yang dinilai mampu memberi dampak nyata bagi masyarakat atau mendukung berbagai inisiatif sosial yang dekat di hati mereka, selain tetap berfokus pada pengembangan karier pribadi.
“Pengakuan sebagai salah satu tempat kerja terbaik di Asia mencerminkan budaya yang telah kita bangun bersama – budaya yang menghargai inklusi, pertumbuhan, dan makna,” kata Executive Vice President HR DHL Express, Fadzlun Sapandi,
“Kami berkomitmen untuk memastikan setiap karyawan merasa dihargai, didengar, dan diberdayakan untuk membentuk perjalanan karier mereka sendiri. Melalui program pengembangan yang terarah, pelatihan kepemimpinan, dan mobilitas internal, kami tidak hanya membangun karier tetapi juga menciptakan lingkungan kerja yang memungkinkan kontribusi dari beragam perspektif," tambahnya.
Komitmen untuk membangun budaya yang berfokus pada karyawan ini juga tercermin dari pencapaian luar biasa DHL Express Indonesia yang dinobatkan sebagai Best Workplace™ nomor 1 di Indonesia selama tiga tahun berturut-turut.
Pengakuan dari Great Place to Work® ini menyoroti upaya berkelanjutan perusahaan dalam menciptakan lingkungan kerja yang mengedepankan kepercayaan, kolaborasi, dan pengembangan berkelanjutan. Pengakuan ini juga didukung oleh nilai Trust Index™ dari survei Great Place to Work®, yang mengukur tingkat kepercayaan, kebanggaan, dan kebersamaan di dalam organisasi. Selama tiga tahun terakhir, DHL Express Indonesia berhasil meraih skor Trust Index™ yang sangat tinggi, yaitu 99%.
Selain fokus pada keterlibatan internal, DHL juga memberikan dampak sosial melalui berbagai inisiatif, seperti DHL’s Got Heart yang mendukung Yayasan Amal Filantropi Muslim, sebuah organisasi nirlaba lokal yang peduli terhadap bayi-bayi terlantar di Bandung. Di Indonesia, DHL juga telah bermitra dengan SOS Children’s Villages selama lebih dari satu dekade untuk memberikan pelatihan keterampilan kerja bagi para remaja setempat.
Selain itu, perusahaan juga menyelenggarakan DHL’s Got Talent yang bertujuan untuk mengapresiasi dan merayakan bakat lain karyawan, seperti olahraga dan memasak, melalui kompetisi yang menyenangkan.
“Semangat pemberdayaan dan inklusivitas inilah yang mendorong kesuksesan kami di Indonesia,” kata Ahmad Mohamad, Senior Technical Advisor, DHL Express Indonesia.
“Diakui sebagai Best Workplace™ nomor satu di Indonesia selama tiga tahun berturut-turut merupakan kehormatan besar sekaligus cerminan budaya luar biasa yang telah kita bangun bersama. Kami selalu memprioritaskan karyawan. Semangat, ketangguhan, dan komitmen mereka terhadap keunggulan adalah kekuatan utama kami. Kami akan terus berkomitmen untuk menciptakan lingkungan kerja di mana setiap orang merasa diberdayakan untuk tumbuh, berkontribusi, dan berkembang," tambah Ahmad.
Seiring dengan evolusi DHL Express, komitmen terhadap people, purpose, and planet tetap menjadi prioritas utama. Perusahaan akan terus memanfaatkan platform internal Smart Connect untuk mendorong kolaborasi, pembelajaran yang dipersonalisasi, dan memperkuat rasa kebersamaan di seluruh organisasi.
Di saat yang sama, program Certified International Specialist (CIS) akan tetap menjadi pilar utama pengembangan karyawan, yang bertujuan untuk memperdalam keahlian, memperkuat hubungan internal, dan menanamkan nilai-nilai DHL.
Great Place to Work® adalah otoritas global dalam budaya tempat kerja. Model Great Place to Work for All™ membantu perusahaan mengevaluasi pengalaman setiap karyawan. Mulai tahun 2026, DHL tidak lagi dievaluasi berdasarkan unit bisnis individu secara global, tetapi akan disertifikasi sebagai satu entitas: DHL.
"Sebagai bagian dari komitmen untuk menjadi employer of choice, kami menekankan pentingnya menciptakan lingkungan kerja yang aman dan positif, manfaat kompetitif, serta pengembangan dan inklusi karyawan," pungkasnya.