The Iconomics kembali menggelar penghargaan kepada perusahaan-perusahaan jasa keuangan lewat Indonesia’s 20 Digital Financial Brands Awards 2025. Pemberian penghargaan ini sebagai rangkaian akhir setelah proses riset yang dilakukan The Iconomics Research. Penghargaan ini sudah memasuki tahun keenam pada tahun 2025 ini.
Adapun tahapan yang dilalui adalah tahap pertama dengan dilakukan Focus Group Discussion (FGD). Beberapa FGD dilakukan dengan melibatkan berbagai kalangan publik dari beberapa kota. FGD dilakukan dengan kerangka sebagai berikut pertama, studi pada solusi digital yang tersedia pada industri keuangan. Studi akan diberlakukan terhadap keberadaan produk/layanan, dan bukan terhadap brand korporasi. Kedua, pembatasan produk yang disurvei. Survei dibatasi hanya pada brand-brand paling populer di berbagai kategori industri keuangan. Hal ini perlu dilakukan untuk efisiensi riset dan untuk memastikan responden merasa nyaman dalam menjawab pertanyaan dalam batas waktu yang wajar.
Baca Juga: SiteMinder Raih Berbagai Penghargaan pada HotelTechAwards 2025
Tahap kedua, online quantitative survey. Survei online dilakukan dengan 10.000+ responden pada Desember 2024 sampai dengan awal Januari 2025 di 10 kota besar di Indonesia, yaitu Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi), Surabaya, Bandung, Semarang, Jogjakarta, Medan, Palembang, Balikpapan, Makassar, dan Ujungpandang. Survei terdiri dari 2 pertanyaan yang memiliki bobot seimbang. Pertanyaan pertama, digital product awareness, yang mengkaji seberapa besar pengetahuan responden terhadap produk/layanan digital institusi keuangan. Pertanyaan kedua, digital product image, yang mengkaji seberapa besar apresiasi responden terhadap produk/layanan digital institusi keuangan.
Tahap ketiga, penilaian. Skor diberikan dengan mengambil rata-rata Pertanyaan Pertama dengan Pertanyaan Kedua alias bobot kedua pertanyaan sama.
Penghargaan Indonesia Digital Financial Brands diberikan berdasarkan batas bawah nilai seleksi. Produk yang berada pada atau lebih tinggi dari nilai batas seleksi tersebut berhak mendapat penghargaan sebagai penerima penghargaan.
"Penghargaan ini sudah memasuki tahun keenam. Kami berharap penghargaan yang kami gelar setiap tahun ini dapat memberikan dorongan positif kepada perusahaan sektor jasa keuangan di Indonesia, terutama agar terus memperkuat digitalisasi Perusahaan," kata Founder & CEO The Iconomics, Bram S. Putro, dikutip Rabu (19/2/2025).
Berikut ini daftar penerima penghargaan:
Perusahaan | Kategori | Title |
PT Asuransi Allianz Life Indonesia | Life Insurance | E-Claim |
PT Asuransi Astra Buana | General Insurance > 15 T | E-Claim |
PT Asuransi BRI Life | Life Insurance <15T | E-Customer Service |
PT Asuransi Jiwa Central Asia Raya | Life Insurance >15T | E-Customer Service |
PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia | Life Insurance | E- Customer Service |
PT Asuransi Kredit Indonesia | Other Insurance | E-Claim |
PT Bank BTPN Syariah Tbk | KBMI 3 | Mobile Banking |
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk | KBMI 4 | Mobile Banking |
PT Bank Sinarmas Tbk | KBMI 2 | Mobile Banking |
PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk | KBMI 3 | Mobile Banking |
PT BNI Life Insurance | Life Insurance > 15 T | E-Customer Service |
PT BRI Asuransi Indonesia | General Insurance > 5 T | E - Insurance |
PT FWD Insurance Indonesia | Life Insurance <10T | E- Customer service |
PT Indomobil Finance Indonesia | Multifinance | E- Financing |
PT Jasa Raharja | Social Insurance | E-Claim |
PT Kredit Pintar Indonesia | Fintech | E-Loan |
PT Pegadaian | Other Financial Services | E-Customer Service |
PT Pos Indonesia (Persero) | Fintech | E-Payment |
PT TASPEN (Persero) | Mandatory Insurance | E-Customer Service |
PT Toyota Astra Financial Services | Multifinance | E- Customer Service |