The Iconomics mengapresiasi institusi yang tangguh menghadapi tantangan dan kompetisi pada gelombang disrupsi teknologi dan tantangan lainnya dengan memberikan penghargaan Indonesia’s Popular Digital Products Award 2025. Metodologi Penelitian Indonesia’s Popular Digital Products Award 2025 ditetapkan melalui kajian popularitas, yaitu berdasarkan pemahaman dan apresiasi publik pada produk dan layanan industri keuangan. Untuk memastikan adanya kajian yang memadai untuk memberikan penghargaan kepada produk-produk terpopuler, The Iconomics Research melakukan 3 tahapan untuk menentukan para penerima penghargaan.
Tahap pertama dengan melakukan Focus Group Discussion (FGD). Beberapa FGD dilakukan dengan melibatkan berbagai kalangan publik dari beberapa kota. FGD dilakukan dengan kerangka sebagai berikut. Pertama, studi pada solusi digital yang tersedia pada industri keuangan. Studi akan diberlakukan terhadap keberadaan produk/layanan, dan bukan terhadap brand korporasi. Kedua, pembatasan produk yang disurvei. Survei dibatasi hanya pada brand-brand paling populer di berbagai kategori industri keuangan. Hal ini perlu dilakukan untuk efisiensi riset dan untuk memastikan responden merasa nyaman dalam menjawab pertanyaan dalam batas waktu yang wajar.
Baca Juga: Daftar Penerima Penghargaan Indonesia’s 20 Digital Financial Brands Awards 2025
Tahap kedua, Online Quantitative Survey. Survei online dilakukan dengan 10.000+ responden pada Desember 2024 sampai dengan awal Januari 2025 di 10 kota besar di Indonesia, yaitu Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi), Surabaya, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Medan, Palembang, Balikpapan, Makassar, dan Ujungpandang. Survei terdiri dari 2 pertanyaan yang memiliki bobot seimbang. Pertanyaan pertama menyangkut Digital Product Awareness yang mengkaji seberapa besar pengetahuan responden terhadap produk/layanan digital institusi keuangan. Pertanyaan kedua menyangkut Digital Product Image yang mengkaji seberapa besar apresiasi responden terhadap produk/layanan digital institusi keuangan.
Tahap ketiga adalah tahapan penilaian. Kalkulasi Penilaian skor diberikan dengan mengambil rata-rata Pertanyaan Pertama dengan Pertanyaan Kedua (bobot kedua pertanyaan sama, atau 50%/50%).
Penghargaan Indonesia’s Popular Digital Products diberikan berdasarkan batas bawah nilai seleksi. Produk yang berada pada atau lebih tinggi dari nilai batas seleksi tersebut berhak mendapat penghargaan sebagai penerima "Indonesia’s Popular Digital Products".
Berikut ini daftar penerima penghargaannya:
Perusahaan | Produk Digital |
PT Bank Aladin Syariah Tbk | Ala Dompet |
PT Mandala Multifinance Tbk | MANTIS |
PT Toyota Astra Financial Services | Flex |
PT FWD Insurance Indonesia | Omne by FWD |
PT Asuransi Kredit Indonesia | Askrindo Core System (ACS) |
PT Bank Sinarmas Tbk | SimobiPlus |
PT Indomobil Finance Indonesia | EZ For You |
PT Bank Digital BCA (BCA Digital) | blu by BCA Digital |
PT Astra Sedaya Finance | ACC |
PT Astra Auto Digital | SEVA By Astra |
PT Kereta Api Indonesia (Persero) | KAI Access |
BPJS Kesehatan | Mobile JKN |
PT Asuransi Astra Buana (Asuransi Astra) | Garda Oto |
PT Asuransi Allianz Life Indonesia | Allianz eAZy Connect |
PT Jasa Raharja | JRcare |
PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk | balé by BTN |
PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia | Gen iClick |
PT BNI Life Insurance | Plan BLife |
PT Bank Pembangunan Daerah Bali | BaliPay |
PT Pertamina Patra Niaga | My Pertamina |
PT Indonesia Comnets Plus | Digital Solution |