Growthmates, kamu harus selalu ekstra hati-hati saat berkomunikasi dengan atasan dan rekan kerjamu di tempat kerja. Jika kamu mengatakan sesuatu yang salah, otomatis hal itu akan berdampak buruk dan menjadikan kamu target omongan di tempat kerja.
Perlu kamu ketahui, menjaga sikap di kantor sangatlah perlu. Bukan hanya lewat bahasa tubuh, tapi juga saat berkomunikasi. Jadi, jangan sampai mengucapkan kalimat terlarang di hadapan atasan maupun rekan kerja.
Ada etika dan tata krama tertentu yang harus dipatuhi oleh seorang karyawan agar dapat menjadi karyawan ideal. Oleh karena itu, untuk membantumu mengetahuinya, berikut 6 kalimat yang sebaiknya kamu hindari untuk diucapkan di tempat kerja. Yuk, simak!
1. “Itu bukan masalahku”
Hal ini hanya akan menggambarkan kamu sebagai karyawan egois yang hanya peduli pada pekerjaannya sendiri. Semua orang menyukai karyawan yang bisa melakukan apa saja untuk membantu orang lain. Namun dengan mengatakan hal ini, kamu hanya akan memberikan kesan negatif di hadapan atasan dan rekan kerja.
2. "Saya kira demikian…"
Selalu yakin dengan apa yang kamu pikirkan atau katakan. Jangan biarkan opini atau pemikiran yang melayang-layang dengan menunjukkan sisi bimbang. Jika kamu mengucapkan kalimat ini, kepercayaan dirimu tidak akan terlihat. Dan justru itu akan menunjukkan bahwa kamu termasuk orang yang sangat ragu-ragu.
3. "Tidak masalah"
Ini bukanlah cara yang sopan untuk membalas seseorang yang mengucapkan terima kasih atas bantuanmu. Cara terbaik untuk melakukan hal ini adalah dengan mengatakan, “sama-sama.” Saat kamu mengatakan 'tidak masalah', kamu mungkin menyiratkan bahwa situasinya mungkin merupakan masalah.
Baca Juga: 3 Kalimat ‘Magic’ yang Diucapkan Masyarakat Finlandia Agar Lebih Bahagia di Tempat Kerja, Kata CEO!