The Grand Outlet Bali (GOB), sebuah kawasan retail di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kura Kura Bali, secara resmi segera dibangun pada lahan seluas 4,7 hektare. Proyek yang dikemas dengan infrastruktur modern dan berkelanjutan ini akan mulai beroperasi pada awal tahun 2026 dan diperkirakan membuka 1.200 lapangan kerja.

Pengembangan konstruksi dari PT Sumber Nusantara Construction, PT Pratama Widya TbK, dan PT China State Construction Overseas Development Shanghai (Indonesia) dalam pembangunan proyek ini merupakan tonggak penting bagi pengembangan KEK Kura Kura Bali.

Baca Juga: Tumbuh Positif, Jahja Setiaatmadja Optimis akan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Bangunan dengan 3+1 lantai tersebut mengedepankan praktik ramah lingkungan dan desain bernuansa arsitektur Bali. Pusat perbelanjaan ini terinspirasi dari konsep "Desa Bhineka" yang bernuansa pedesaan dengan komunitas beragam. GOB dirancang untuk menjadi pusat perbelanjaan outlet berskala internasional di mana pengunjung dapat menemukan berbagai barang mewah internasional seperti fashion, olahraga, perlengkapan anak, aksesoris, dan kecantikan dengan harga terjangkau.

Keberhasilan proyek ini tidak terlepas dari kolaborasi multipihak yang sejalan dengan prinsip Tri Hita Karana yang menekankan keselarasan antara manusia, alam, dan spiritualitas. Melalui pembangunan berkelanjutan, kerja sama strategis ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Bali dan memperkuat posisinya sebagai destinasi utama pariwisata global.

Proyek ini diharapkan dapat meningkatkan bisnis lokal dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Bali yang diproyeksikan mencapai 7,7% pada tahun 2045. Melalui pemberdayaan pekerja lokal, termasuk di KEK Kura Kura Bali, Serangan, proyek ini akan membuka lapangan kerja dan mendukung pengembangan masyarakat. Di sisi lain, The Grand Outlet Bali berkomitmen menerapkan praktik berkelanjutan dan solusi inovatif sesuai dengan standar lingkungan global.

Menyoroti adanya peluang positif dari pembangunan ini, Tuti Hadiputranto, Direktur Utama PT Bali Turtle Island Development (BTID), menyatakan, "Kami sangat senang telah mencapai langkah penting dalam proyek The Grand Outlet Bali. Pembangunan ini menunjukkan komitmen kami untuk menyediakan fasilitas berbelanja kelas atas yang tidak hanya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, tetapi juga berperan penting dalam memperkuat ekonomi Bali."

Junichiro Kinoshita dari Mitsubishi Estate Indonesia selaku Direktur The Grand Outlet Bali menekankan pentingnya proyek ini secara luas. "Pembangunan ini adalah bukti dari komitmen kami untuk menciptakan destinasi belanja yang luar biasa, dan terintegrasi secara harmonis dengan budaya dan lingkungan lokal," ungkapnya.

"Kami sangat antusias dengan peluang dari pembangunan ini, terutama dalam memberikan lapangan kerja dan mendukung kehidupan ekonomi komunitas lokal. Tujuan kami adalah menetapkan standar baru dalam pembangunan ritel sebagai wujud dedikasi kami terhadap kualitas dan keberlanjutan," tambahnya.

Sebelumnya, Mitsubishi Estate Indonesia telah membuka Karawang Outlet Mall (KOM) di Jawa Barat, di mana pengunjung dapat memiliki pengalaman berbelanja barang mewah yang berkesan. Menyusul kesuksesan tersebut, Bali diharapkan turut menjadi destinasi pusat perbelanjaan outlet berkelas melalui The Grand Outlet Bali.

KEK Kura Kura Bali disiapkan menjadi pilihan destinasi bisnis dan wisata internasional dengan menawarkan fasilitas terkini yang memadukan budaya tradisional dan modern. The Grand Outlet Bali merupakan salah satu perwujudan dari visi tersebut dan diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi investor dan pengunjung internasional.