Siapa bilang urusan berburu kuliner kekinian hanya identik dengan perempuan? Riset terbaru Populix justru mengungkap fakta sebaliknya, yakni laki-laki dan generasi milenial ternyata lebih “gercep” alias gerak cepat dalam mencoba tren makanan dan minuman terbaru.

Temuan ini berasal dari laporan “Millennials & Gen Z Report: Exploring the Hip F&B Phenomenon”, yang mengulas preferensi, persepsi, dan kebiasaan generasi milenial dan Z sebagai target utama industri kuliner kekinian.

Survei dilakukan pada Februari 2025 terhadap 1.100 responden dari seluruh Indonesia, dengan komposisi gender, status pernikahan, dan latar belakang ekonomi yang seimbang. Mayoritas responden adalah pekerja kelas menengah ke atas dan tinggal di Pulau Jawa.

Indah Tanip, VP of Research Populix, menjelaskan bahwa hasil riset ini cukup mengejutkan.

“Kerap kali dinilai lebih cuek, ternyata laki-laki cenderung lebih cepat mencoba tren kuliner baru. Sebanyak 14% responden laki-laki mengaku akan langsung mencoba setiap ada tren baru, dan 29% lainnya mencoba setidaknya sekali sebulan,” ungkap Indah, dalam keterangannya, Kamis (14/8/2025).

Sementara itu, lanjut Indah, perempuan cenderung terdorong oleh rasa FOMO (fear of missing out), atau takut ketinggalan tren yang ramai di media sosial. Sekitar 30% responden perempuan mengaku mencoba kuliner baru karena terpengaruh tren yang sedang viral.

Baca Juga: Survei Populix Patahkan Mitos, Generasi Muda Ternyata Rajin Menabung!