Manfaat berkolaborasi dengan content creator:

  • Menghasilkan konten berupa foto, video, atau postingan blog berkualitas tinggi yang dapat dibagikan dalam situs web atau platform media sosial.
  • Memprioritaskan kualitas konten daripada kuantitas, yang juga diselaraskan dengan visi misi perusahaan.
  • Memiliki legitimasi merek khusus.
  • Keterlibatan audiens setia. Pembuat konten telah menumbuhkan kepercayaan di antara audiensnya, sehingga dukungan mereka berpengaruh.

Manfaat berkolaborasi dengan influencer:

  • Influencer dapat memperluas jangkauan merek secara signifikan, sehingga dapat memperkuat visibilitas merek.
  • Influencer memiliki banyak pengikut dengan latar belakang berbeda, hal ini juga dapat membantu merek mendapatkan pasar yang lebih luas.
  • Influencer dapat memajukan tujuan pemasaran suatu merek.
  • Berkolaborasi dengan influencer sangat ideal ketika kamu ingin meningkatkan visibilitas atau kredibilitas suatu merek.

3. Segi pembayaran

Saat bekerja sama dengan content creator atau influencer juga memiliki perbedaan dari segi fee atau pembayaran. Content creator dibayar berdasarkan proyek yang dikerjakan. Biasanya, mereka akan memberikan penawaran berdasarkan waktu yang dibutuhkan atau cakupan keseluruhan proyek.

Sementara influencer memiliki rate-card yang berbeda satu sama lain. Hal tersebut disesuaikan dengan jenis dan jumlah followers-nya. Semakin banyak jumlah followers, biasanya tarifnya akan semakin mahal.

Adapun influencer memiliki berbagai jenis, dan biasanya hal ini juga memengaruhi ratecard yang mereka berikan saat ada penawaran kerjasama dengan suatu brand.

  • Makro-influencer: Memiliki jumlah pengikut yang mencapai jutaan, mereka memiliki jangkauan yang luas dan lazim dalam kategori arus utama seperti mode, kecantikan, perjalanan, gaya hidup, dan kebugaran.
  • Mikro-influencer: Memiliki ribuan atau puluhan ribu pengikut, mereka melayani audiens khusus, biasanya berfokus pada hobi atau minat khusus.
  • Mega-influencer: Berasal dari tokoh terkenal yang sering kali berasal dari industri hiburan, seperti aktor, musisi, atau atlet, dengan basis pengikut yang besar dan beragam.
  • Nano-influencer: Influencer jenis ini memiliki kurang dari 10.000 pengikut tetapi mempertahankan audiens yang sangat aktif dan spesifik. Mereka biasanya dipandang sebagai ahli di bidangnya.

Nah Growthmates, itu dia perbedaan antara content creator dan influencer. Kalau kamu, lebih tertarik jadi content creator atau influencer?