Peran Wings Group dalam Menggerakkan Perubahan

Sebagai mitra strategis UNICEF, Nuvo Family, bagian dari Wings Group pun, memainkan peran penting dalam mengedukasi dan membentuk kebiasaan hidup bersih sejak dini.

“Mungkin banyak dari kita yang belum tahu bahwa nggak cuma orang dewasa yang punya hak asasi, anak-anak pun juga memiliki hak yang dilindungi dan diatur oleh undang-undang kita. Salah satunya adalah hak bermain dan hak untuk tumbuh di lingkungan yang nyaman dan sehat,” tutur Mita Ardiani, Marketing Manager Personal Care Category WINGS Group.

Melalui kampanye “Generasi Bersih Sehat”, kata Mita, Nuvo bergerak dengan tiga pilar utama, yakni Edukasi online dan onsite, memberi pemahaman tentang kebersihan diri, terutama mencuci tangan dengan benar; Aktivitas interaktif dan menyenangkan, seperti senam Nuvo dan permainan edukatif, serta Keberlanjutan, yakni melalui pembentukan Duta Generasi Bersih Sehat di sekolah-sekolah.

“Kita gak ingin program ini cuma hit and run saja. Jadi kita melantik Duta Generasi Bersih Sehat, di mana anak-anak ini akan menjadi kepanjangan tangan dari Nuvo Family untuk melanjutkan kebiasaan baik tentang hidup bersih dan sehat ke teman-temannya,” kata Mita.

Hasilnya, kata dia, 98% anak-anak peserta program menyatakan telah mengetahui cara mencuci tangan yang benar.

“Angka ini menjadi bukti nyata bahwa edukasi yang dikemas dengan pendekatan menyenangkan benar-benar dapat mengubah perilaku anak-anak terhadap kebersihan diri,” tambahnya.

Kampanye ini juga mendapat dukungan dari publik. Dion Wiyoko, aktor sekaligus Brand Ambassador Nuvo Family, menilai kebiasaan hidup bersih harus dimulai sejak kecil, terutama di usia sekolah dasar.

“Penting banget ya. Apalagi saya sendiri pun juga sebagai orang tua. Paham betul bahwa memang anak-anak usia sekolah, terutama anak saya juga, mulai sejak dini sudah mulai beraktivitas, bermain, mengeksplor hal-hal yang baru,” ujar Dion.

Menurut Dion, masa eksplorasi anak adalah masa emas pembentukan karakter. Namun, di saat yang sama, anak-anak sangat rentan terhadap bakteri dan kuman.

“Apa sih yang bisa kita upayakan sebagai orang tua? Ya, tindakan-tindakan preventif. Yaitu melindungi anak-anak ini dari bakteri atau kuman,” bebernya.

Dalam kampanye Generasi Bersih Sehat, Dion mengajarkan anak-anak konsep B3ST, yakni Bersih Tangan, mencuci tangan dengan 6 gerakan penting dan 5 waktu utama; Bersih Tubuh, mandi dua kali sehari; Bersih Pakaian, mengganti pakaian bersih setiap hari; serta, Sehat Terlindungi, yakni menjaga kebersihan lingkungan.

“Kebiasaan itu harus dimulai dari kecil. Kalau sudah gede baru mulai, biasanya kurang sustainable. Jadi dari kecil sudah dibiasakan, dan semoga mereka terus menerapkan apa yang sudah diajarkan,” tegas Dion.

Baca Juga: Pertegas Komitmen Transisi Energi Bersih, WINGS Group Pasang PLTS Atap 36 MWp di Delapan Pabrik