Growthmates, apakah kamu baru masuk ke dunia kerja, lantas bingung bagaimana cara menghadapi politik kantor? Nah, sebelumnya, kamu wajib memahami dulu apa itu politik kantor. Pengertian politik kantor sendiri adalah berbagai sikap dan perilaku pekerja yang bertujuan meninggikan diri atau mempertahankan posisi di atas.
Politik kantor terwujud dalam berbagai bentuk dan terjadi karena orang-orang menempatkan emosi pribadi di atas tujuan organisasi. Bentuk-bentuk politik kantor ini antara lain penghindaran tanggung jawab, meremehkan kinerja, pengkhianatan, dan tekanan dari atasan.
Meskipun wajar jika rekan kerja kita memiliki perspektif dan pendekatan yang berbeda dalam menghadapi dinamika dunia kerja, tapi hal semacam ini bisa berdampak pada produktivitas dan moral. Namun, dengan strategi yang efektif, seseorang dapat menjauhkan diri dari drama di tempat kerja dan berkonsentrasi pada kemajuan karier dan pertumbuhan pribadi.
Lantas, apa saja langkah yang bisa kita ambil untuk menghindari politik kantor? Dikutip dari Times of India, Rabu (22/5/2024), berikut ulasannya.
1. Tetaplah fokus pada pekerjaan
Lindungi dirimu dari politik kantor dengan memprioritaskan tugas dan tetap fokus pada tanggung jawab pekerjaan. Menginvestasikan waktu dan tenaga untuk menghasilkan pekerjaan berkualitas tinggi mengurangi kerentanan terhadap konflik atau gosip yang tidak perlu.
Tetapkan tujuan yang jelas dan kejarlah dengan tekun, menjunjung profesionalisme bahkan di tengah situasi yang penuh tantangan.
Baca Juga: 5 Tips Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas di Tempat Kerja, Mau Coba?