Dalam sambutannya, Ratih menyebutkan bahwa program tahun ini merupakan inisiatif PERURI untuk mendukung UMKM agar dapat berkontribusi di pasar global. “Kami berharap dengan adanya program ini, UMKM dapat mengimplementasikan setiap pembelajaran pada usahanya serta mampu bekerjasama dengan berbagai pembeli baik di dalam maupun luar negeri, sehingga nantinya dapat berkontribusi lebih besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional,” tambah Ratih.
Graduation ceremony Peruri Digital Entrepreneur Academy Level III memberikan apresiasi terhadap para UMKM dengan dua jenis kategori, yaitu UMKM Terbaik dan UMKM Special Appreciation. UMKM Terbaik diberikan hadiah berupa business trip untuk memfasilitasi pengembangan pasar ke luar negeri yang diberikan kepada Dcraft Indonesia dan Addictea.
Sedangkan UMKM Special Appreciation diberikan hadiah berupa bantuan peningkatan usaha untuk UMKM dengan kategori most active yang diberikan kepada Dschoon and Milioki dan kategori most progressive untuk Lavida Home. Penghargaan ini diberikan atas pencapaian-pencapaian UMKM dalam meningkatkan persiapan usaha ekspor yang lebih terstruktur melalui penilaian relevansi dan ketepatan logbook business asssignment dengan konsep usaha, progress kerja sama ekspor dengan berbagai pihak, dan pencapaian lainnya selama proses inkubasi.
Ke depan, PERURI terus berkomitmen untuk mendorong UMKM di Indonesia memperluas usaha dan jaringan pasarnya melalui pendampingan dan pelatihan. Program ini sejalan dengan arahan dari Kementerian BUMN untuk mendukung pengembangan UMKM serta selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Nomor 8 yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.