Peruri Digital Entrepreneur Academy Level III telah selesai dilaksanakan dan ditutup melalui acara Graduation Ceremony pada Selasa, 3 Desember 2024 di Hotel Grand Sovia, Bandung. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Biro Strategic Corporate Branding & TJSL PERURI, Ratih Sukma Pratiwi dan dihadiri oleh 24 peserta UMKM yang berhasil mengikuti rangkaian pelatihan, inkubasi bisnis dan pendampingan intensif selama 3 bulan, sejak dibuka pada September 2024.

Peruri Digital Entrepreneur Academy Level III merupakan program inkubasi dan pendampingan UMKM dengan pendekatan yang kolaboratif dan berbasis solusi, melibatkan mentor dari berbagai bidang dengan fokus utama membantu UMKM go global. Sejak pertama kali diselenggarakan pada 2022, Peruri Digital Entrepreneur Academy (PEDIA) dirancang sebagai solusi untuk mendorong UMKM naik kelas melalui penguasaan teknologi digital

Baca Juga: Raih TOP Digital Awards 2024, PERURI Buktikan Keberhasilan Transformasi Digital

Baca Juga: PERURI Sabet Peringkat Silver dalam Ajang ASRRAT 2024

Baca Juga: Sukses Tingkatkan Kapabilitas Lewat Teknologi, PERURI Raih Peringkat Gold SNI Award 2024

Pada PEDIA level I di tahun 2022, program ini membina UMKM agar mampu go online dengan memahami dasar-dasar digitalisasi. Selanjutnya, pada level II di tahun 2023, fokus program bertambah ke penguatan kemampuan UMKM untuk go digital, mencakup pengelolaan usaha berbasis platform digital dan strategi pemasaran digital. Tahun ini, kurikulum PEDIA bertambah pada pembinaan UMKM untuk memperluas jangkauan pasar ke ranah internasional dengan tiga pendekatan, yaitu business approach, business opportunity, dan business acceleration untuk memberikan peluang kepada pelaku UMKM dalam memperoleh pemahaman terkait strategi bisnis dan mempersiapkan usaha ekspor ke market global. 

Pada Oktober lalu, seluruh peserta Peruri Digital Entrepreneur Academy Level III diikutsertakan dalam pameran Trade Expo Indonesia (TEI) 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan di ICE BSD dan berkesempatan menampilkan produk mereka di hadapan potensial buyer dari mancanegara. Melalui acara ini, 7 (tujuh) UMKM binaan PERURI yaitu adalah Dcraft Indonesia, Lavida Home, Mozaas Healthy Laboratory, Ing Pawon, Oishii, Jelujur dan Jacal berhasil mendapatkan buyer baru.

Dalam sambutannya, Ratih menyebutkan bahwa program tahun ini merupakan inisiatif PERURI untuk mendukung UMKM agar dapat berkontribusi di pasar global. “Kami berharap dengan adanya program ini, UMKM dapat mengimplementasikan setiap pembelajaran pada usahanya serta mampu bekerjasama dengan berbagai pembeli baik di dalam maupun luar negeri, sehingga nantinya dapat berkontribusi lebih besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional,” tambah Ratih.

Graduation ceremony Peruri Digital Entrepreneur Academy Level III memberikan apresiasi terhadap para UMKM dengan dua jenis kategori, yaitu UMKM Terbaik dan UMKM Special Appreciation. UMKM Terbaik diberikan hadiah berupa business trip untuk memfasilitasi pengembangan pasar ke luar negeri yang diberikan kepada Dcraft Indonesia dan Addictea.

Sedangkan UMKM Special Appreciation diberikan hadiah berupa bantuan peningkatan usaha untuk UMKM dengan kategori most active yang diberikan kepada Dschoon and Milioki dan kategori most progressive untuk Lavida Home. Penghargaan ini diberikan atas pencapaian-pencapaian UMKM dalam meningkatkan persiapan usaha ekspor yang lebih terstruktur melalui penilaian relevansi dan ketepatan logbook business asssignment dengan konsep usaha, progress kerja sama ekspor dengan berbagai pihak, dan pencapaian lainnya selama proses inkubasi. 

Ke depan, PERURI terus berkomitmen untuk mendorong UMKM di Indonesia memperluas usaha dan jaringan pasarnya melalui pendampingan dan pelatihan. Program ini sejalan dengan arahan dari Kementerian BUMN untuk mendukung pengembangan UMKM serta selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Nomor 8 yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.