Growthmates, apakah kamu kerap merasa dikejar deadline? Tenang, kamu gak sendirian mengalami hal tersebut, kok. Biasanya, masalah ini terjadi karena manajemen produktif tak tertata dengan baik.
Tak mudah bagi seseorang menyeimbangkan kualitas dengan kuantitas bila setumpuk pekerjaan tersebut harus selesai di waktu bersamaan.
Tapi bukan berarti hal tersebut mustahil dilakukan. Sebab, ternyata ada beberapa tips yang bisa membantu menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan tepat waktu.
Dikutip dari berbagai sumber, Kamis (2/5/2024), yuk simak ulasannya di bawah ini!
1. Buat Rencana Kerja
Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat rencana kerja. Hal ini akan membantumu untuk mengetahui apa saja pekerjaan yang harus diselesaikan serta berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap pekerjaan.
Dalam menjalalankan ini, kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal, seperti urgensi pekerjaan, tingkat kesulitan pekerjaan, dan ketersediaan sumber daya.
2. Prioritaskan Pekerjaan
Setelah membuat rencana kerja, kamu perlu mengelompokkan mana pekerjaan yang prioritas dan tidak. Pekerjaan yang paling penting dan mendesak harus diselesaikan terlebih dahulu.
Kamu dapat menggunakan skala prioritas dalam menentukan urutan pekerjaan. Skala prioritas dapat dibagi menjadi tiga kategori, yaitu penting dan mendesak, penting-tapi tidak mendesak, tidak penting-tapi mendesak.
Baca Juga: 5 Hal Penting yang Perlu Dipelajari saat Memasuki Dunia Kerja