Growthmates, apakah ini hari pertama kamu bekerja sebagai karyawan baru? Di satu sisi, rasanya senang karena diterima bekerja, apalagi jika diterima di perusahaan idaman atau bidang yang sesuai passion. Namun di sisi lain, jantung berdetak lebih kencang karena akan bertemu dengan atasan dan rekan kerja.
Bekerja hari pertama bisa jadi pengalaman yang unik. Ini seperti memasuki dunia baru di mana segala sesuatunya terasa berbeda namun mengasyikkan. Perasaan pencapaian, akhirnya mencapai tujuan yang Anda inginkan, dan memulai perjalanan baru.
Untuk menjadikan perjalanan ini lebih menyenangkan, setidaknya ada 5 hal penting yang perlu kamu pelajari tentang budaya perusahaan. Dan dikutip dari laman Times of India, Kamis (2/5/2024), berikut ulasannya.
1. Dokumentasikan semua yang dikerjakan
Mendokumentasikan semua yang dikerjakan sangatlah penting dan bernilai. Ini berfungsi sebagai catatan kontribusi, kemajuan, dan pencapaianmu terhadap perusahaan.
Mendokumentasikan pekerjaan juga dapat membantu kamu tetap terorganisir dan juga memberi kamu pengamatan berharga tentang kinerja kerja. Dengan menyimpan catatan rinci tentang tugas, kamu dapat dengan mudah melacak pencapaianmu sendiri, mengidentifikasi titik lemah diri, dan menunjukkan keahlian dan kontribusimu kepada tim dan atasanmu.
Dokumentasi juga membantu menjaga transparansi dan kejelasan di tempat kerja. Ini adalah kunci untuk mencapai kesuksesan dan kemajuan di dunia usaha, dan juga menggambarkan tekad dan profesionalismemu terhadap perusahaan.
2. Susun jadwal dengan jelas
Dalam dunia kerja atau korporat, penting untuk mengomunikasikan tenggat waktu dengan jelas dan bertujuan untuk menyelesaikan pekerjaan sebelum kamu berkomitmen.
Pendekatan menyelesaikan tugas sebelum tenggat waktu yang dijadwalkan menunjukkan dedikasi dan membangun keandalan dalam diri kamu untuk melampaui ekspektasi dan unggul dalam tugas yang diberikan. Ini semakin membangun rasa percaya dengan tim dan atasanmu dan juga meningkatkan kepercayaan diri kamu sendiri.
Baca Juga: 6 Cara Menerapkan Mindfulness di Tempat Kerja, Catat Ya!