Growthmates, saat ini ada banyak perempuan yang berhasil meraih prestasi di berbagai bidang. Dengan berani, mereka berhasil menunjukkan bahwa kesuksesan tak ditentukan oleh gender.

Tak main-main, pencapaian mereka bahkan telah diakui oleh majalah bertaraf internasional. Dan, mengutip Forbes per Mei 2024, total ada 5 nama pengusaha perempuan dari keseluruhan 18 nama anak muda Indonesia yang masuk ke dalam daftar tersebut.

Mereka tidak hanya sukses menjalankan bisnis, para perempuan ini juga bisa menjadi inspirasi perempuan-perempuan lain untuk berani menjadi womanpreneur. Kiprah mereka pun bukan semata-mata untuk mencari materi, namun memberikan impact bagi sosial. 

Dan berikut 5 pengusaha perempuan Indonesia yang masuk dalam daftar “30 Under 30” versi majalah Forbes. Kira-kira siapa saja?

1. Karina Innadindya, Co-Founder HMNS

Perempuan berusia 29 tahun ini merupakan salah satu dari Co-Founder merek parfum local HMNS (dibaca Humans). Ia mendirikan HMNS bersama Rizky Arief Dwi Prakoso dan Amron Naibaho pada tahun 2019 hingga berhasil masuk ke dalam jajaran Forbes 30 Under 30 Asia 2024 di kategori Retail & Ecommerce.

Lewat HMNS, ketiganya menawarkan parfum berkualitas dengan harga yang worth-it sambil memanfaatkan bahan-bahan lokal dan teknik inovatif. Parfum mereka Unrosed, misalnya, dibuat tanpa mawar tetapi dengan palmarosa dari Jawa menggunakan metode yang disebut soliflore. HMNS mengklaim telah menjual 800.000 botol tahun lalu. Berkembang melampaui parfum, mereka sekarang menawarkan wewangian ruangan dan berekspansi ke Malaysia tahun ini.

Per tahun 2022, menurut data dari Compas: E-Commerce Market Insight Dashbord, HMNS menempati posisi kelima brand parfum terlaris, yang urutan pertama hingga keempat diisi produk-produk ternama dari negara seberang. Semangat Karina dkk mengembangkan parfum, salah satunya karena Indonesia sebenarnya punya potensi besar sebagai negara produsen parfum kelas atas.

2. Kimberly Tandra, Founder Suedeson

Desainer asal Surabaya, Kimberly Tandra menorehkan prestasi gemilang dengan meraih gelar 30 Under 30 Asia versi Forbes. Dalam usia belianya, wanita yang akrab disapa Tandra ini telah mengikuti kurasi Indonesia Now yang mengantarkan karyanya ke panggung New York Fashion Show. 

Tandra sendiri lulus dengan gelar master dari program Esmod Fashion Business di Paris pada tahun 2017. Ia kemudian meluncurkan labelnya Suedeson.

Sebelum Forbes 30 Under 30, Tandra juga pernah masuk dalam daftar “35 Perempuan Fashion Frontier” dari Jakarta Fashion Week dan Ponds Indonesia dan gelar The Alpha Under 40 dari majalah Highend. 

Baca Juga: 12 Pengusaha Sukses Indonesia dari Lulusan Luar Negeri