Menunda-nunda pekerjaan menjadi salah satu kebiasaan yang mungkin masih sering kita lakukan, Growthmates. Rasa malas terlalu mendominasi ketika pekerjaan datang, sehingga menunda pekerjaan lebih menarik ketimbang menyelesaikannya secepat mungkin. 

Namun, kebiasaan ini akan berdampak buruk jika terus-menerus dilakukan. Pekerjaan akan terasa lebih berat dan menumpuk saat kita menunda-nunda untuk mengerjakannya. Bahkan, hal ini bisa memicu sifat negatif dalam diri, yakni laring dari tanggung jawab.

Growthmates, bersantai sejenak di tengah padatnya pekerjaan nggak ada salahnya kok. Asal nggak kebablasan yang membuat kamu menunda-nunda pekerjaan. 

Buat kamu yang sudah terlanjur suka menunda-nunda pekerjaan, berikut ini deretan tips ampuh yang dapat kamu lakukan untuk menghentikannya. Menukil dari laman CNBC Make It, Kamis (11/7/2024), berikut empat di antaranya.

1. Kenali Pemicunya

Seseorang akan dengan mudah teralihkan perhatiannya ketika merasa bosan. Biasanya, sosial media menjadi pilihan untuk menghibur diri ketika rasa bosan menghantui, apalagi saat sedang bekerja. 

Keasyikan scroll sosial media, sampai lupa dengan pekerjaan yang sedang dikerjakannya. Walhasil, memilih menunda untuk menyelesaikannya.

Agar tetap fokus, kamu harus terlebih dahulu mengenali pemicunya dan membuat rencana tindakan saat pemicu itu datang kembali.

Baca Juga: Kamu Terlalu Banyak Bekerja? Ini 12 Tips untuk Mewujudkan Work-Life Balance Agar Hidup Lebih Tenang

Seseorang cenderung menyalahkan ponsel mereka karena mengalihkan perhatian dari tugas yang sedang dikerjakan, tetapi penelitian menunjukkan bahwa manusia memeriksa ponsel mereka karena bunyi notifikasi hanya 10% dari waktu.

Sementara 90% waktu lainnya, mereka cenderung memeriksa ponsel karena perasaan internal — atau untuk menghindari rasa bosan atau tidak nyaman.