Data Badan Pusat Statistik Nasional mengungkapkan nilai ekspor Indonesia pada tahun 2024 mencapai US$264,703 juta, meningkat 2,29% dibandingkan tahun sebelumnya.
Dengan tren positif ini, target ekspor di tahun 2025 diharapkan terus mengalami pertumbuhan. Namun di balik besarnya potensi pasar ekspor yang tersedia bagi pengusaha UMKM, ada sejumlah tantangan yang kerap kali menghalangi mereka menembus pasar ekspor.
Tantangan yang dihadapi pengusaha UMKM sering kali bukan disebabkan oleh kualitas produk yang kurang memadai, melainkan karena adanya keterbatasan literasi ekspor termasuk operasional pengiriman dan tata cara ekspor.
Pengusaha UMKM masih kesulitan memahami negara tujuan potensial serta strategi yang efektif untuk menjangkau pasar tersebut. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya pendampingan dan edukasi untuk meningkatkan kemampuan UMKM dalam memanfaatkan peluang di pasar global.
Memahami tantangan ekspor yang dihadapi pengusaha UMKM di lapangan tersebut, Shopee menghadirkan Program Ekspor Shopee di tahun 2019. Program Ekspor Shopee memungkinkan para Penjual untuk memasarkan dan menjual produknya ke luar negeri dan memperluas bisnis dengan cara yang mudah tanpa dikenakan biaya tambahan.
Program ini diharapkan dapat membantu memberi kemudahan bagi pengusaha UMKM dalam menembus pasar global melalui teknologi digital.
Di tahun 2024, Shopee mencatat peningkatan penjualan ekspor sebesar 50% dibandingkan tahun 2023 untuk produk UMKM lokal yang telah berhasil dipasarkan ke Asia Timur, Asia Tenggara, dan Amerika Latin.
Baca Juga: Kiat-kiat Jitu Agar UMKM Naik Kelas dan Berdaya di Era Digital