PT Sinar Eka Selaras Tbk (Erajaya Active Lifestyle) mendapat persetujuan pemegang saham untuk membagikan dividen tahun buku 2023 sebesar Rp51,87 miliar kepada pemegang saham. Dividen tersebut akan dibagikan kepada investor sebesar Rp10 per lembar saham sebagaimana yang diputuskan dalam RUPST pada Rabu, 12 Juni 2024.

Dalam RUPST ini juga ditetapkan bahwa sebagian laba tahun 2023, yakni sebesar Rp500 juta akan dimasukkan sebagai cadangan perusahaan. Selain dividen, pemegang saham juga menyetujui  perubahan rencana penggunaan dana perolehan penawaran umum (IPO) untuk pemberian pinjaman kepada entitas anak yakni PT Mitra Internasional Indonesia. 

Baca Juga: Terus Berekspansi, Erajaya Digital Resmikan 32 Gerai Baru Sepanjang Mei

Rinciannya, penyesuaian jumlah pembukaan gerai baru dari rencana awal menjadi sekitar 30 gerai dengan brand yang sudah ada. Hal ini dilakukan demi menerapkan prinsip kehati-hatian dengan mempertimbangkan kondisi pasar, lokasi dan daya beli konsumen. Perusahaan juga memutuskan untuk menggunakan dana yang awalnya diperuntukkan sebagai belanja modal menjadi modal kerja guna memperkuat dan mendukung operasional dari gerai yang sudah ada.

Rencana pemberian modal kepada entitas anak yakni PT Master Selam Indonesia dialihkan untuk memperkuat modal kerja Perseroan dari sebelumnya 49,25% dari dana bersih menjadi 58,19% guna mendukung kegiatan usaha utama dan operasional.

Untuk diketahui, sepanjang ahun 2023, perusahaan membukukan kenaikan penjualan bersih sebesar 23% menjadi Rp3,7 triliun dengan laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk mencapai Rp211 miliar, atau tumbuh 14% dari tahun sebelumnya. Pencapaian positif ini didukung oleh inisiatif ekspansi jaringan ritel sebanyak 56 gerai baru serta peluncuran berbagai produk baru yang turut mendongkrak minat berbelanja masyarakat.

Tren penjualan yang positif ini berlanjut pada Kuartal I 2024, didukung dengan momentum Ramadan yang mendorong penjualan bersih Perseroan sebesar 21% menjadi Rp1,09 triliun dengan laba bersih diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp41 miliar. Kenaikan penjualan ini sejalan dengan penambahan jaringan ritel menjadi 129 toko pada akhir Maret 2024.

Selama 1 tahun terakhir, Perseroan sudah membawa dua brand baru ke pasar Indonesia, yaitu 6IXTY8IGHT yang berfokus pada fashion apparel dan MST Golf Indonesia yang fokus pada sportainment & perlengkapan golf. Dua brand ini turut melengkapi portofolio merek ritel yang dinaungi oleh Perseroan seperti ASICS, JD Sports, Urban Republic, Urban Adventure dan lainnya. Perseroan terus menangkap peluang bisnis seperti ekosistem IoT, aksesoris dan gaya hidup melalui dukungan kepada komunitas gaya hidup untuk tumbuh dan berkembang bersama, salah satunya menggelar aktivitas seperti URMazing Run.