Menko Perekonomian Airlangga Hartarto secara resmi membuka agenda Indonesia Retail Summit 2024. Dalam kesempatan tersebut, Menko Airlangga turut menyoroti peranan UMKM dan inovasi dalam pertumbuhan retail di seluruh wilayah Indonesia.

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk nomor empat terbesar di dunia yakni diperkirakan berjumlah 281 juta jiwa di 2024, dan jumlah besar itu merupakan pangsa retail yang bagus untuk diberdayakan.

“Pertumbuhan sektor konsumsi di Indonesia sejak 2002 lebih besar daripada pertumbuhan ekonomi yakni 12%. Mal di Indonesia, khususnya di Jakarta, lebih baik dan modern daripada berbagai mal di negara lain. Kita harus tepuk tangan untuk para peretail. Hal itu didukung oleh pendapatan per kapita di Jakarta yang sudah di atas USD20 ribu. Jadi, berapa banyak toko retail yang sudah dibuka di suatu daerah dapat mencerminkan berapa pendapatan per kapita dari daerah itu,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam acara pembukaan Indonesia Retail Summit 2024 bertema “Navigating the Future of Retail: Strategies for Competitiveness and Innovation”, seperti dalam rilis yang diterima Olenka, Rabu (28/8/2024).

Pemerintah juga mendorong pelaku usaha pusat perbelanjaan untuk bermitra dengan pelaku UMKM. Melalui kemitraan dan kolaborasi ini tentunya akan menciptakan peluang pasar bagi produk UMKM, membuka lapangan usaha baru, menyerap tenaga kerja, serta mewujudkan iklim usaha yang sehat.

“Produk dan positioning itu penting untuk retail. Harus ada keberpihakan alokasi untuk para UMKM ini di berbagai pusat perbelanjaan. Untuk jumlah toko retail memang terus berkembang dan berjalan baik. Kita ingin bukan cuma di Jakarta saja, tapi juga seluruh Indonesia, karena ada daerah lain yang pendapatan per kapitanya juga menengah ke tinggi. Supaya sektor retail terus tumbuh, maka harus terus digenjot dari sisi produktivitas dan inovasi,” jelas Menko Airlangga.

Baca Juga: Menko Airlangga Yakinkan Investor Terkait Ketahanan Perekonomian Nasional

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melihat pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Ia menyebutkan, ekonomi telah pulih sepenuhnya setelah sempat terdampak pandemi Covid-19.

"Tak dipungkiri, Pandemi Covid-19 membuat perekonomian sempat terpuruk namun demikian ekonomi kembali pulih secara bertahap hingga dan pada Q2-2024 tumbuh sebesar 5,05% yoy," kata Mendag Zulfifli Hasan yang diwakili oleh Moga Simatupang, Dirjen PDN Kementerian Perdagangan.

Indonesia Retail Summit (IRS) kembali hadir untuk kali ketiga dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan sektor ritel Indonesia untuk merencanakan pertumbuhan di masa depan. Acara bertema "Navigating The Future of Retail: Strategies for Competitiveness and Innovation" tersebut berlangsung dua hari sejak Rabu (28/9/2024) di Jakarta. Semua elemen industri seperti beberapa Kementerian, asosiasi, hingga ribuan peritel nasional menghadiri konferensi dan expo terbesar ini.

Melanjutkan kesuksesan tahun lalu, IRS diproyeksikan menjadi pusat diskusi dan perencanaan masa depan retail Indonesia dan Asia Tenggara. Acara ini sendiri menargetkan sektor ritel ASEAN sebagai episentrum pertumbuhan ekonominya. Dengan lebih dari 4000 peserta, 100 pembicara, IRS mempertemukan berbagai pemangku kepentingan dari seluruh ekosistem retail. Diharapkan, berbagai peluang untuk kolaborasi dan inovasi baru akan lahir pula.

Baca Juga: Menko Airlangga Dorong Efisiensi Ongkos Logistik Nasional

Di tahun ini, ritel Indonesia sendiri tumbuh positif. Data Bank Indonesia (BI) menunjukkan bahwa indeks penjualan riil atau IPR pada Februari 2024 tercatat 214,1. Angka ini meningkat 6,4 persen secara year on year (yoy). Pertumbuhan sangat didorong oleh peningkatan daya beli masyarakat, perkembangan pesat e-commerce, serta inovasi teknologi dalam operasional ritel.

Ketua Umum Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO), Budihardjo Iduansjah,  menjelaskan bahwa pertumbuhan tersebut menunjukkan kepercayaan konsumen yang semakin meningkat dan kesiapan sektor retail untuk beradaptasi dengan dinamika pasar yang terus berubah. 

IRS diprediksi HIPPINDO akan makin mendorong pertumbuhan ekonomi lebih lanjut, khususnya dari sektor industri ritel. Pertemuan berbagai pemangku kepentingan dan menciptakan peluang untuk kolaborasi serta inovasi, menjadi strateginya.

Budi menambahkan bahwa IRS juga menjadi inisiatif penting mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya sektor ritel. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan II-2024 mencatat angka positif sebesar 5,05 persen year-on-year (YoY). 

“Kami percaya bahwa acara ini akan menjadi katalis untuk melanjutkan momentum pertumbuhan ini, dengan mempertemukan berbagai pemangku kepentingan industri retail dan menciptakan peluang kolaborasi serta inovasi yang dapat memacu perkembangan sektor ini lebih lanjut," ujar Budi.

Haryanto Pratantara, Sekretaris Jenderal HIPPINDO sekaligus Ketua Indonesia Retail ummit 2024, mengucapkan teria kasih atas semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya acara ini. Ia juga mengatakan, tahun ini engusung tema Navigating the Future of Retail: Strategies for competitiveness and Innovation. Hal ini sejalan dengan perkembangan ritel yang sangat dinamis mengikuti perubahan perilaku konsumen.

"Kami ucapkan Selamat datang di acara opening ceremony Indonesia Retail Summit dan Indonesia Retail Expo 2024 dimana untuk tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ke-3 kali nya dan untuk tahun ini mengambil tema Navigating the Future of Retail: Strategies for competitiveness and Innovation. Hal ini sejalan dengan perkembangan ritel yang sangat dinamis mengikuti perubahan perilaku konsumen yang juga semakin berubah dan memiliki tuntutan yang semakin tinggi dari waktu ke Waktu," sebut Haryanto.

PDB Indonesia didominasi oleh Konsumsi Rumah Tangga yang mencapai 53,18% pada 2023 dan mencapai 54,53% pada Q2-2024. Hal ini didorong oleh kontribusi Konsumsi Rumah Tangga terhadap PDB Q2-2024 yoy yang mengalami kenaikan.

Gerakan Bangga Buatan Indonesia bertujuan meningkatkan daya saing produk dan pelaku UMKM sehingga produk Indonesia tidak hanya dicintai, dibeli, dan digunakan oleh pasar lokal namun juga oleh pasar global

Program Belanja di Indonesia Aja bertujuan untuk mengajak masyarakat membeli produk brand global, lokal, dan UMKM di Indonesia serta menarik wisatawan asing agar berbelanja di Indonesia.

Pada 2024 terdapat peningkatan jumlah pengunjung pada pusat perbelanjaan, terutama pada saat libur hari besar keagamaan dan libur sekolah. Tercermin dari peningkatan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang pada Juli 2024 berada pada level 123,4, dan ini termasuk kategori zona optimis. Mendukung hal ini, Pemerintah berupaya merumuskan dan mengimplementasikan regulasi yang kondusif bagi seluruh pelaku usaha retail, baik skala besar maupun UMKM. Pemerintah juga menempatkan perlindungan konsumen sebagai prioritas utama dengan memastikan bahwa mereka mendapatkan produk dan layanan yang berkualitas, aman, dan sesuai dengan standar yang berlaku.

Baca Juga: Menko Airlangga: Proyek Giant Sea Wall untuk Selamatkan Pantura

Dalam kesempatan yang sama, Pengamat Komunikasi Pemasaran sekaligus CEO Fortuna, Ratna Puspitasari, menambahkan bahwa di tengah pertumbuhan lanskap retail yang dinamis, kehadiran Indonesia Retail Summit 2024 menjadi sangat penting. Dengan menghadirkan para pemimpin industri dan pakar dari berbagai bidang untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman, para pelaku industri nantinya dapat mengidentifikasi tren dan tantangan terbaru serta menemukan solusi inovatif untuk mengatasinya. 

“Kami yakin bahwa kolaborasi yang dihasilkan dari pertemuan ini akan berkontribusi signifikan terhadap perkembangan sektor retail di Indonesia. Kehadiran key stakeholders industri ini akan membuat industri ritel mampu mengkalibrasi dan mengidentifikasi rencana pertumbuhan di 2024 dan 2025,” jelas Ratna.