Di usianya yang menginjak umur 6 tahun, JumpStart Indonesia meluncurkan inovasi terbaru yang diberi nama NOD (Never Ordinary Device). Peluncuran mesin kapsul pintar pertama di Indonesia tersebut diambil sebagai langkah strategis JumpStart dalam memperluas pangsa pasar ke segmen B2C.

Sejak berdiri pada 2018 dengan fokus pada smart machine coffee untuk klien B2B2C, kini melalui NOD, JumpStart berkomitmen menjangkau pasar B2C dengan menyediakan pilihan minuman otomatis di rumah, dari kopi hingga teh, minuman herbal, dan susu, guna memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia yang semakin beragam. Selain itu, sebagai bagian dari upaya memperkuat posisinya di pasar ritel pintar, JumpStart juga memperkenalkan identitas visual barunya dengan tagline #MakeYourJoy.

Baca Juga: Resmi Diluncurkan, Wardah Skin Science Academy Cari Dua Lulusan Terbaik Hadiri World Beauty Event in Japan

"Sejak 2018, kami telah mencatat pertumbuhan signifikan, baik dalam variasi produk maupun jumlah mesin yang tersebar di Indonesia, dari 454 mesin pada tahun pertama hingga lebih dari 4.000 unit tersebar ke berbagai kota di Indonesia di tahun 2024. Kami sangat antusias merayakan perjalanan enam tahun kami dengan peluncuran NOD sebagai personal barista at home," terang Brian Imawan, CEO JumpStart, dalam peluncuran NOD yang diadakan di The H Club, SCBD Jakarta, Selasa (29/10/2024).

NOD menjadi mesin kapsul yang tidak hanya menyajikan kopi, tetapi juga minuman nonkopi seperti teh, minuman herbal, dan susu. Teknologi canggih NOD memungkinkan pengguna mengoperasikannya melalui satu sentuhan. Pengguna dapat mengontrol pembuatan minuman dengan cara mengatur kadar air di setiap minuman secara otomatis lewat aplikasi NOD.

Fitur NOD yang menarik lainnya adalah self-cleaning sehingga pengguna tidak perlu lagi repot-repot membersihkan mesin ini setelah pembuatan minuman. Pengguna NOD juga dimanjakan dengan fitur unggulan lainnya seperti Milk Steaming Technology untuk menghasilkan susu berkualitas tinggi dan Brew and Bloom Technology yang menghasilkan teh dengan aroma kaya.

Di awal peluncurannya, NOD menghadirkan 13 varian minuman, yaitu Aceh Gayo Highland, Bali Kintamani, Never Ordinary Blend, dan Double Power Blend (double shot), serta pilihan nonkopi dari seri teh seperti Chamomile, Red Blanc, Fruit Loose, dan Roasted Oolong Milk Tea, Senca, hingga seri fusion Kyoto Matcha Latte, Wedang Jahe, dan Wind Breaker.

Sebagai upaya menyajikan produk berkualitas, NOD berkolaborasi dengan Espresso Embassy Coffee Roaster. "Kami bangga dapat bekerja sama dengan JumpStart melalui NOD dalam menghadirkan berbagai varian kopi single origin eksklusif. Dalam kolaborasi ini, kami memperkenalkan Strawberry Alien, kopi unik dari Kolombia yang diproses dengan fermentasi honey wine yeast dan strawberry infusion, menawarkan pengalaman rasa yang khas bagi para pecinta kopi," ungkap Deni Dermanto, Founder of Espresso Embassy Coffee Roasters & Q Arabica Grade.

Sebagai bagian dari komitmen terhadap keberlanjutan, JumpStart juga menggandeng Mortier untuk mengolah limbah plastik dari kapsul bekas NOD menjadi berbagai produk rumah tangga, seperti tatakan gelas (coaster), kacamata, meja, dan furnitur kecil. Kolaborasi ini diperkuat dengan keikutsertaan Hian Tjen, desainer ternama Indonesia dalam menciptakan gaun couture berbahan plastik daur ulang kapsul NOD sebagai simbol komitmen JumpStart terhadap sustainable fashion.

"Merupakan suatu kehormatan bagi saya untuk berkolaborasi dengan JumpStart dalam proyek keberlanjutan yang mengangkat penggunaan limbah plastik dari kapsul NOD untuk dikreasikan menjadi gaun couture. Hal ini juga sesuai dengan komitmen kami dalam menerapkan ESG (Environmental, Social, and Governance) dalam proses desain untuk menyampaikan bahwa fesyen dapat berjalan seiring dengan keberlanjutan. Gaun ini tetap mencerminkan nilai fesyen sambil membawa pesan keberlanjutan yang kuat," ungkap Hian Tjen, Fashion Designer ternama Indonesia.

Melalui peluncuran NOD, JumpStart berharap dapat menjangkau lebih banyak konsumen di seluruh Indonesia melalui platform online dan pop-up store di berbagai pusat perbelanjaan. NOD akan resmi diluncurkan ke publik pada tanggal 1 November 2024 di acara Jakarta Coffee Week di ICE BSD dan tersedia di berbagai platform e-commerce di Indonesia serta pusat perbelanjaan.