Growthmates, tren live shopping telah mewarnai iklim belanja online di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, termasuk lewat platform e-commerce. Metode ini memungkinkan pengguna berinteraksi lebih dekat dengan penjual dan mendapatkan informasi yang lengkap mengenai produk incarannya.
Selain memberi manfaat bagi penjual dan pembeli, kehadiran live shopping juga membuka peluang menguntungkan bagi para affiliate serta konten kreator yang seringkali berbagi rekomendasi produk yang relevan dengan kebutuhan konsumen.
Salah satu kisah inspiratif datang dari Lisa Quincy, seorang ibu rumah tangga yang kini sukses meraih penghasilan baru sejak aktif sebagai kreator dengan menjual ribuan produk lokal berkualitas di sesi Shopee Live.
Lisa Quincy mengatakan, dirinya tidak pernah membayangkan bisa bekerja dari rumah dan menemukan sumber penghasilan baru. Menurutnya, menjadi kreator di Shopee Live, Shopee Video, dan Shopee Affiliate Program sangat mengubah hidupnya.
“Berawal dari kegemaran mengikuti berbagai tren produk kecantikan dan fesyen melalui platform e-commerce, kini aku menyadari hal ini bisa menjadi peluang untuk memiliki penghasilan tambahan yang cukup memenuhi kebutuhan keluarga sembari merencanakan masa depan yang lebih baik,” tutur Lisa.
Baca Juga: Cerita Sukses Pelaku UMKM Sepatu Beromzet Jumbo, Apa Rahasianya?
“Selain itu, aku juga merasa bangga karena bisa berkontribusi dalam membantu UMKM dan brand lokal bertumbuh dan dikenal lebih luas. Salah satu pencapaianku adalah dalam satu sesi Shopee Live, aku berhasil menjual sebanyak 1000 produk parfum kepada pengguna. Melihat produk-produk lokal yang aku promosikan semakin diminati masyarakat telah menjadi kepuasan tersendiri,” sambung Lisa.
Perjalanan Lisa Quincy sebagai content creator dimulai sejak tahun 2023, bermula dari kecintaannya sebagai pengguna aktif yang gemar berbelanja online, terutama produk fashion dan lifestyle, yang kemudian mendorongnya bergabung dengan Shopee Affiliate Program.
Seiring waktu, Lisa menyadari potensi besar dalam fitur Shopee Live dan Shopee Video dan semakin ingin untuk mempelajari cara kerjanya, hingga akhirnya ia mulai membangun pilar konten, memilih produk yang memiliki nilai tambah bagi audiensnya, serta memastikan setiap produk yang dipromosikan sudah diriset secara menyeluruh untuk menjaga kredibilitasnya.
Berkat konsistensi dan dedikasinya, Lisa berhasil meningkatkan jumlah penonton dan pendapatannya dalam hanya dalam kurun waktu 3-4 bulan, dan berhasil meraih penghargaan Super Fashion Live Creator di Shopee Super Awards tahun 2023 pada bulan Januari 2024 lalu.
Keuntungan yang diperoleh memungkinkan Lisa mewujudkan impiannya, seperti merenovasi rumah, mendanai pendidikan anak-anak, hingga membuka lapangan pekerjaan.
Kini, Lisa mempekerjakan tiga orang dalam timnya, termasuk co-host, tim kreatif, hingga tim live streaming. “Aku bangga bisa membuka lapangan pekerjaan untuk tim kecilku. Ini langkah awal, dan aku berharap bisa terus berkembang bersama mereka dan Shopee,” tambah Lisa.
Baca Juga: Kiat-kiat Jitu Agar UMKM Naik Kelas dan Berdaya di Era Digital