Seiring dengan perkembangan zaman, kesempatan untuk berdaya dan berkarya semakin terbuka lebar bagi banyak orang. Salah satunya, untuk perempuan. Mulai dari semakin besarnya peluang dalam mewujudkan cita-cita hingga kesempatan untuk turut berperan mengoptimalkan potensi dalam kemajuan industri lokal.
Dalam momentum menyambut Hari Perempuan Sedunia, Shopee mengangkat kisah inspiratif Natalia Gunawandalam perjalanan mengembangkan brand lokal, Sahiku Shoes.
Sesuai dengan tema Hari Perempuan Sedunia tahun ini bertajuk #AccelerateAction, Natalia adalah bukti bahwa aksi nyatanya dalam melakukan transformasi strategi bisnis untuk terjun ke platform online, berhasil membawanya sukses mendorong pertumbuhan bisnis keluarganya.
Bagi Natalia, mempertahankan bisnis keluarga yang telah berdiri selama lebih dari 30 tahun tidaklah mudah. Saat itu, Sahiku Shoes sudah memiliki posisi kuat dalam pasar offline, yaitu menjadi supplier untuk toko departemen besar dan toko retail.
Namun, pada tahun 2019, Natalia sadar bahwa Sahiku harus mengatur strateginya kembali untuk tetap dapat relevan dengan tren dan situasi industri saat itu dengan mulai merambah ke ranah digital dan Shopee menjadi platform e-commerce pertama yang dipilih oleh Sahiku Shoes.
Natalia mengatakan, salah satu tantangan yang ia hadapi di awal usaha adalah mengatur strategi agar Sahiku Shoes dapat terus mempertahankan posisinya di tengah perputaran tren serta kemajuan teknologi, yang juga berpengaruh dalam perilaku belanja konsumen.
“Masih mempelajari bagaimana market online bekerja, Sahiku Shoes bergabung dengan Shopee kurang lebih sejak 6 tahun lalu. Aku memutuskan memilih Shopee sebagai platform e-commerce untuk berjualan produk kami dansalah satu alasan utamanya karena Shopee memiliki pasar yang kuat dalam kategori fashion,” paparnya.
Baca Juga: Working Mom Merapat! Ini 5 Tips Buat Kamu yang Ingin Coba Jadi Affiliate Partner di e-Commerce