PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (PLN UIP JBB) menorehkan prestasi membanggakan dengan berhasil meraih dua penghargaan bergengsi dalam ajang Culture Festival PLN Group 2025 yang diselenggarakan oleh Direktorat Legal dan Manajemen Human Capital PT PLN (Persero) di Auditorium PLN Kantor Pusat, Jakarta.

Pada ajang yang diikuti oleh 47 unit dan subholding PLN Group tersebut, PLN UIP JBB berhasil meraih Juara 1 Best Culture Implementor kategori Wellbeing dan Juara 2 Best Culture Implementor kategori Next Process is Our Customer. Prestasi ini menjadi bukti komitmen PLN UIP JBB dalam menumbuhkan budaya kerja yang adaptif dan berdampak langsung terhadap kinerja organisasi. 

Baca Juga: Kolaborasi PLN dan KAI, Siap Mulai Elektrifikasi Jalur Kereta Indonesia

Baca Juga: Perkuat Keandalan Listrik di Jakarta Utara, PLN Sukses Energize Dua Bay Line GIS 150 kV Marunda

Melalui program WELL (Wellbeing Empowerment for a Lively Life), PLN UIP JBB menghadirkan budaya kerja yang menumbuhkan keseimbangan hidup pegawai secara fisik, mental, sosial, dan finansial sehingga menjadi wadah bagi insan PLN UIP JBB untuk terus sehat, bahagia, dan produktif.

Program WELL terbukti memberikan dampak nyata terhadap peningkatan kinerja dan perilaku pegawai. Budaya WELL melahirkan kebiasaan positif seperti olahraga rutin, disiplin waktu, dan kepedulian sosial melalui berbagai komunitas, serta berkontribusi terhadap peningkatan efektivitas dan semangat kerja di lingkungan PLN UIP JBB

Sementara itu, program PS5 yang merupakan singkatan dari Percepatan Sertifikat Laik Operasi (SLO), Settlement Pekerjaan Dalam Pelaksanaan (PDP), Serah Terima Operasi Proyek (STOP), Serah Terima Aset Proyek (STAP), dan Serah Terima Proyek (STP) menjadi wujud nyata penerapan budaya Next Process is Our Customer di lingkungan PLN UIP JBB. 

Melalui semangat kolaborasi dan orientasi pelanggan internal, setiap proses pembangunan dipandang sebagai bentuk pelayanan bagi unit berikutnya. Program ini mendorong percepatan serah terima proyek, peningkatan kualitas hasil konstruksi, serta kepuasan pelanggan internal PLN seperti Unit Induk Transmisi (UIT), Unit Induk Distribusi (UID), dan Unit Induk Pusat Pengatur Beban (UIP2B).

General Manager PLN UIP JBB, Yasir, menyampaikan rasa syukur dan apresiasinya atas pencapaian ini. “Dua penghargaan ini adalah hasil dari kerja keras dan kolaborasi seluruh insan UIP JBB. Program WELL dan PS5 bukan sekadar inisiatif budaya, tetapi telah menjadi cara kami bekerja dengan semangat, sehat, bahagia, dan saling melayani untuk memberikan hasil terbaik. Keduanya terbukti berkontribusi signifikan terhadap capaian kinerja PLN UIP JBB sepanjang tahun 2025,” ujar Yasir.

Sementara itu, Direktur Legal dan Manajemen Human Capital PLN, Yusuf Didi Setiarto, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada segenap insan PLN yang telah menghidupkan budaya kerja positif di lingkungan perusahaan.

“Membangun budaya tidak cukup sehari dua hari, atau setahun dua tahun. Budaya harus dijalankan secara konsisten bertahun-tahun, karena dari sanalah nilai dan karakter organisasi akan terbentuk. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh insan PLN yang telah konsisten menghidupkan budaya baik tersebut. Culture Festival ini merupakan apresiasi atas kerja keras saudara-saudara sekalian,” ungkapnya.

Selain penganugerahan program budaya terbaik, pada Culture Festival tahun ini PLN juga menerima Great Place to Work Certificate sebagai perusahaan berskala besar (Large Scale Company / Over 1.000 Employee). Sebanyak 92% karyawan PLN menyatakan bahwa PLN adalah organisasi yang sangat baik untuk bekerja, sebuah pengakuan yang menegaskan komitmen perusahaan dalam membangun budaya kerja yang unggul, sehat, dan produktif.

Sejalan dengan semangat tersebut, raihan dua penghargaan PLN UIP JBB semakin memperkuat tekad untuk terus menjadi garda terdepan dalam membangun budaya unggul yang berkelanjutan, menjadi teladan dalam transformasi budaya PLN Group, serta terus menyalakan energi perubahan demi lahirnya kinerja gemilang bagi PLN dan Indonesia.