Dunia kecantikan tengah bergerak ke arah yang lebih inklusif dan reflektif. Di tengah hiruk-pikuk tren produk instan dan rutinitas skincare berlapis-lapis, muncul kebutuhan baru dari konsumen, khususnya perempuan modern yang menjalani hidup multiperan untuk mendapatkan skincare yang tidak hanya efektif, tetapi juga aman, nyaman, dan menyentuh sisi emosional.
Keresahan ini ternyata dialami banyak perempuan, terutama mereka yang sedang hamil, menyusui, atau punya kondisi kulit sensitif. Kebutuhan akan informasi yang jelas, bahan aktif yang tidak membahayakan, hingga rutinitas yang tidak menyita waktu kini menjadi sorotan penting.
"Sebagai perempuan yang aktif dan sibuk menjalani berbagai kegiatan, aku sempat merasa resah dengan tren skincare saat itu yang cenderung berlapis-lapis. Di tengah kesibukan, aku juga kesulitan menemukan produk yang nyaman dan aman untuk ibu hamil dan menyusui. Padahal, aku tetap ingin bisa merawat diri dengan cara yang sederhana, menyenangkan, dan tetap efektif. Dari keresahan itulah Glowing Everyday lahir,” pungkas Raras, Founder dari This Is Your dalam talkshow perayaan hari jadi mereka yang ke-5 tahun beberapa waktu lalu di Jakarta.
Baca Juga: 10 Nama Perempuan yang Abadi dalam Brand Besutannya Sendiri
Pembahasan mengenai hal itu juga disampaikan oleh dr. Upik Anggraheni, Sp.OG., yang juga menjadi pembicara dalam sesi talkshow. Banyak perempuan Indonesia yang memiliki keresahan serupa, terlebih saat kondisi mereka tengah mengandung. Rasa was-was terus muncul jika menggunakan skincare atau produk perawatan diri yang belum jelas keamanannya.
“Para ibu hamil memiliki keresahan terhadap komposisi di dalam produk-produk skincare, mana yang aman untuk janin dan kehamilannya. Dan juga, perubahan hormon ketika hamil mempengaruhi kondisi kulit sang ibu. Sehingga, edukasi mengenai cara kerja bahan aktif dan formula sebuah produk skincare penting untuk dilakukan,” ungkapnya.
Baca Juga: 6 Jenis Skincare yang Bakal Viral hingga 5 Tahun ke Depan, Intip Yuk!
Hal serupa juga diamini oleh dr. Abelina, dokter estetika dan beauty educator. Menurutnya, bukan hanya memikirkan tentang komposisi di dalamnya, namun perempuan kerap kali mengutamakan kemudahan dari penggunaan tiap produk kecantikan.
“Produk yang baik itu bukan cuma bekerja pada kulit, tapi juga memudahkan kita untuk menggunakannya, memenuhi kebutuhan kulit, menyenangkan ketika dipakai dan membuat kita gak ragu memakainya, kapan pun, dimana pun dan dalam kondisi kulit apa pun,” papar dr. Abelina.
Acara ini merupakan bagian dari perayaan 5 tahun perjalanan This Is Your, brand skincare lokal yang sejak awal berfokus pada produk minimalis, aman, dan ramah untuk perempuan dengan kondisi kulit atau hormonal yang fluktuatif. Didirikan oleh Raras, seorang ibu muda dengan latar belakang komunikasi, brand ini lahir dari pengalaman pribadi mencari produk yang benar-benar nyaman digunakan saat kehamilan.
Baca Juga: 6 Tren Skincare yang Masih Akan Viral Menurut Gen Z dan Milenial
Raras mengaku bahwa proses menciptakan Glowing Everyday, lini produk andalan This Is Your, memakan waktu lebih dari setahun. Ia menggandeng dr. Satya B. Negara untuk pengembangan formulasi yang aman secara medis, non-hormonal, dan mengusung teknologi partikel mikro dengan bahan aktif seperti WhiteTen.
Namun, yang menarik dari This Is Your bukan hanya formulanya, melainkan pendekatannya. Raras selalu mendengarkan konsumen, berbagi cerita nyata, dan menciptakan ruang yang suportif.
Baca Juga: Tren Skincare di Kalangan Ge Z dan Milenial, Skincare Lokal Masih Jadi Primadonanya Anak Muda
Berkat kegigihannya itu, tak heran selama lima tahun hadir, This Is Your tumbuh tak hanya karena produknya, tapi juga karena komunitas yang dibangunnya. Perayaan mereka tahun ini diisi dengan sesi diskusi terbuka, edukasi tentang bahan aktif, serta refleksi tentang perjalanan perempuan dalam merawat diri, baik secara fisik maupun mental.
Sesuai dengan nilai yang dimiliki oleh Raras selaku Founder dari This Is Your, yaitu connecting, listening and sharing, acara ini diharapkan tidak hanya menjadi momen perayaan, tapi juga menjadi wadah untuk refleksi melalui sesi diskusi terbuka antara para ahli dan pengguna setia, sehingga This Is Your bisa terus tumbuh sebagai brand yang memahami kebutuhan nyata perempuan Indonesia, baik dari sisi kesehatan kulit maupun emosional.
Ke depan, This Is Your ingin terus menjadi pilihan dan wadah bagi perempuan Indonesia yang sehat, supportive, dan bahagia dimulai dari hal sederhana, seperti merawat diri sendiri.
Untuk tambahan informasi, This Is Your idirikan pada tahun 2020, sebagai brand skincare lokal yang menghadirkan produk dengan pendekatan emosional dan ilmiah. Seluruh formulanya dirancang bersama tim R&D profesional dari PT Her Bayu Inti, mengedepankan bahan aktif yang aman dan sesuai dengan karakter kulit perempuan Indonesia. This Is Your percaya bahwa kulit sehat bukan hanya soal penampilan, tapi juga tentang rasa percaya diri dan kenyamanan diri.