Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) Republik Indonesia memproyeksi gross merchandise value (GMV) ekonomi digital Indonesia terus positif pada tahun 2025-2030. Tahun ini, GMV nilai ekonomi digital Indonesia diproyeksi mencapai US$130 miliar, naik 44,44% dari tahun 2024 yang sebesar US$90 miliar.

Sayangnya, potensi besar tersebut dibayangi pertumbuhan penipuan online dengan e-commerce sebagai salah satu sarananya. Laporan Global Anti-scam Alliance dan Indosat Ooredoo Hutchison pada tahun 2025 menyebutkan bahwa 35% orang dewasa mengalami penipuan dalam 12 bulan terakhir dengan 62% di antaranya merupakan penipuan belanja online. Kementerian Perdagangan (Kemendag) Republik Indonesia bahkan telah menerima 1.568 pengaduan di kuartal I tahun 2025 dengan 99% di antaranya terkait dengan niaga elektronik.

Baca Juga: Lima Agen AI di Lazada untuk Tingkatkan Pengalaman Berbelanja Pelanggan

Peran Aktif Lazada Lawan Penipuan Online

Maraknya penipuan online yang terjadi berdampak pada meningkatnya kesadaran konsumen Indonesia pada keaslian serta kualitas produk. Menjawab tantangan tersebut, Lazada menghadirkan LazMall, sebuah kanal premium terkurasi dan tepercaya di dalam platform Lazada yang dirancang khusus untuk memberikan pengalaman belanja terbaik yang aman, nyaman, dan terpercaya.

“Selama lebih dari 13 tahun berkontribusi di Tanah Air, Lazada akan terus mengikuti perkembangan tren ekonomi serta pola belanja masyarakat untuk memudahkan konsumen dalam berbelanja. Dengan ribuan brand dan penjual serta distributor terverifikasi bergabung di LazMall, kami memastikan seluruh produk yang dijual di LazMall adalah produk 100% orisinal," jelas Head of Business Growth & Operations, Lazada Indonesia, Amelia Tediarjo, dalam keterangan resminya, dikutip Jumat (28/11/2025).

Untuk memberikan ketenangan pikiran (peace of mind) bagi setiap pelanggan, LazMall dibangun di atas empat pilar jaminan utama:

1. 100% Produk Asli

LazMall menjamin bahwa semua produk yang dijual adalah 100% orisinal. Komitmen ini diperkuat dengan jaminan uang kembali jika produk terbukti tidak asli, memastikan setiap transaksi bebas dari kekhawatiran akan barang palsu.

2. Jaminan Pengembalian 30 Hari, Mudah dan Gratis

Untuk memberikan fleksibilitas maksimal, LazMall menawarkan kebijakan pengembalian barang hingga 30 hari setelah produk diterima. Prosesnya dirancang sangat mudah melalui aplikasi dengan pelanggan dapat memilih opsi penjemputan paket oleh kurir atau melakukan drop-off di titik yang telah ditentukan, tanpa biaya tambahan.

3. Jaminan Pengiriman Tepat Waktu

LazMall memberikan jaminan bahwa pesanan akan dikirimkan sesuai dengan estimasi tanggal yang tertera. Jika terjadi keterlambatan, Lazada akan memberikan kompensasi sebagai bentuk tanggung jawab dan komitmen terhadap kepuasan pelanggan.

4. Didukung Ekosistem Perlindungan yang Menyeluruh

Kepercayaan di LazMall tidak hanya dibangun melalui jaminan, tetapi juga didukung oleh sistem perlindungan yang kuat dan berlapis:

  • Ekosistem Penjual Terverifikasi: Hanya penjual yang telah melewati proses seleksi dan verifikasi ketat yang dapat bergabung di LazMall;
  • Teknologi AI untuk Deteksi Proaktif: Lazada memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan machine learning untuk secara proaktif memindai listing produk setiap harinya, mendeteksi, dan menghapus produk yang berpotensi melanggar kebijakan dan Hak Kekayaan Intelektual (HKI);
  • Kolaborasi Strategis dan Perlindungan HKI: Lazada secara aktif bekerja sama dengan pemilik merek, asosiasi industri, serta lembaga pemerintah seperti BPOM dan DJKI. Melalui portal Intellectual Property Protection (IPP), pemilik merek dapat dengan mudah melaporkan produk yang melanggar HKI untuk ditindaklanjuti secara cepat oleh tim Lazada.