Jersey timnas sepak bola Indonesia selalu mencuri perhatian publik. Tak hanya penggemar sepak bola saja, namun semua kalangan. Beberapa bulan lalu, tepatnya pada Senin (18/03/2024), Timnas Indonesia baru saja meluncurkan jersey terbarunya, hasil kerja sama dengan apparel Erspo milik Erigo.

Namun, sayangnya, momen yang ditunggu-tunggu tersebut justru menuai beragam komentar dari warganet. Pasalnya, banyak yang merasa kecewa dengan hasil jersey karya Erspo dan membanding-bandingkannya dengan brand apparel Timnas terdahulu, Mills.

Seperti apa perjalanan brand Mills bersama Timnas Indonesia? Redaksi Olenka telah merangkumnya untukmu, selamat membaca!

Baca Juga: Kisah Sukses Brand UNIQLO, Fast Fashion Asal Jepang yang Berawal dari Salah Nama hingga Kini Mendunia

Sejarah Brand Mills

Mills merupakan merek perlengkapan olahraga asal Indonesia di bawah naungan PT Mitra Kreasi Garmen Ltd. Brand lokal ini berdiri sejak tahun 2018. Namun, Mills telah berpengalaman lebih dari 20 tahun di industri garmen.

Dengan pengalaman yang mumpuni, CEO Mills, Tjia Kong Hau berkomitmen untuk mengangkat industri garmen nasional menembus kancah pasar global.

Bukan hal yang mudah, untuk menjadi brand berstandar internasional, Mills terus melakukan pendeketan inovatif berdasarkan riset ilmiah dan mengutamakan kolaborasi. Mereka menggandeng para atlet untuk bekerja sama dalam menyediakan 'alat perang' olahraga mereka.

Meski namanya terkenal memproduksi jersey, namun Mills melahirkan produk berbagai perlengkapan olahraga lainnya, seperti sepatu, jaket, sarung tangan kiper, topi, tas, kaus kaki, hingga tumbler.

Mills menyediakan produk untuk wanita maupun pria. Konsumen bisa membeli produk Mills secara online atau offline. Mereka telah memiliki lebih dari 5 toko yang tersebar di Indonesia.

Baca Juga: Mengulik Strategi Sukses Wardah: dari Bisnis Rumahan, Jadi Brand Kosmetik yang Mendunia

Bekerja Sama dengan PSSI

Mills semakin dikenal publik usai resmi menjadi Official Apparel Tim Nasional Indonesia pada awal tahun 2020 dan 2022. Kala itu, di tengah pandemi pada 2020, Mills resmi mengumumkan menjalin kerja sama dengan PSSI untuk memproduksi jersey timnas Indonesia sebagai pengganti Nike.

Pada peluncuran jersey timnas Indonesia yang pertama tersebut, banyak warganet yang memberikan komentar negatif. Mereka mengkritik bahwa desain jersey buatan Mills tidak bagus.