Growthmates, jika kamu termasuk penikmat steak di Jakarta pasti sudah tidak asing dengan ABUBA Steak. ABUBA Steak merupakan salah satu warung steak lokal yang tetap bertahan di tengah serbuan gerai steak asing. Kini, setelah hampir 32 tahun berdiri, ABUBA Steak tetap agresif berekspansi.

Restoran yang menjual hidangan daging ini merupakan usaha pribadi milik Abu Bakar. Pada masanya, steak merupakan makanan ala Barat, yang notabene hidangan mahal dan konsumsi kelas atas. Namun, ABUBA Steak berani menjual makanan dengan harga terjangkau dan dalam bentuk usaha kaki lima. 

Lantas, bagaimana cara Abu Bakar mengembangkan ABUBA Steak hingga sampai memiliki puluhan outlet? Berikut kisah sukses ABUBA Steak yang Olenka rangkum dari berbagai sumber.

Berawal dari Kedai Pinggir Jalan

ABUBA Steak berawal dari tahun 1992 dari kedai pinggir jalan berbentuk warung tenda di Kawasan Cipete, Jakarta Selatan yang dirintis oleh Abu Bakar. Awalnya usaha ini dijalankan oleh Abu Bakar dengan istri tercinta, Aminah.

Nama ABUBA sendiri merupakan singkatan dari "Abu Bakar" yang berpengalaman di bidang food and beverage selama 25 tahun. Meskipun tidak berpendidikan tinggi, kerja keras Abu Bakar mampu mengembangkan ABUBA Steak hingga saat ini. 

Abu Bakar mengawali karier di restoran dan hotel hingga akhirnya bertemu dengan salah seorang chef dari Texas di Pulau Natuna. Singkat cerita, ia akhirnya berhasil belajar cara mengolah steak dan burger.

Bisa dikatakan, ABUBA Steak adalah pelopor resto steak saat itu, di mana Abu Bakar berani membuka usaha western food, yaitu steak yang terbilang mahal dan hanya bisa dibeli oleh kalangan atas. ABUBA Steak berhasil mengubah pemikiran itu dengan menjual steak yang harganya terjangkau dan bahan yang berkualitas. 

Dengan hanya bermodalkan Rp3 juta, Abu mendirikan warung tenda steak yang terus berkembang dari waktu ke waktu. Pada tahun 2010, Abu menyerahkan pengelolaan ABUBA Steak kepada Ali Ariansyah, anak tunggalnya. Saat itu Abu baru selesai mengenyam pendidikan di Switzerland, mengambil program studi Hospitality (Perhotelan). 

Dari warung itu, kini ABUBA Steak telah berhasil membuka sekitar 30 cabang di kota-kota besar Indonesia seperti Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, Bekasi, dan Bandung, disertai juga dengan inovasi-inovasi makanan yang lebih modern, berkualitas, serta restoran yang di desain modern, dan nyaman bagi pengunjung.

Baca Juga: Cerita di Balik Suksesnya Cimory: Bawa Misi Berdayakan Peternak hingga Tak Lelah Berinovasi