Publik pengguna media sosial baru-baru digegerkan dengan kasus kehilangan wadah minum atau tumbler milik seorang penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) bernama Anita. 

Kasus ini ramai bukan karena soal tempat minum yang ketinggalan di dalam gerbong KRL yang kemudian hilang, namun masyarakat menyoroti masalah ini lantaran berujung  pada pemecatan seorang petugas KRL. 

Pemecatan itu bikin geram masyarakat. Namun belakangan PT KAI  membantah telah memecat karyawan karena masalah yang oleh publik dianggap sangat sepele itu. 

Baca Juga: KAI Wisata Tegaskan Tak Pecat Petugas Stasiun Imbas Viralnya 'Tumbler Tertingggal'

Terlepas dari masalah tersebut, sebetulnya ada prosedur  yang telah mengatur para pengguna KRL untuk menemukan kembali barang-barang mereka yang ketinggalan di dalam gerbong. Berikut langkah-langkah apa saja yang mesti dilakukan jika barang-barang ketinggalan dalam KRL:

1. Datangi Petugas Stasiun

Ketika menyadari ada barang yang tertinggal dalam KRL maka langkah pertama yang mesti dilakukan adalah mendatangi petugas jika penumpang masih berada di area stasiun. 

Sampaikan kepada petugas mengenai barang yang tertinggal di dalam KRL jelaskan secara terperinci mengenai barang tersebut serta menjelaskan detail perjalanan. 

Setelah itu petugas akan menghubungi stasiun berikutnya atau petugas on-board untuk pengecekan. Semakin cepat melapor, peluang barang ditemukan semakin besar.

2. Layanan Lost and Found 

Cara kedua yang bisa dilakukan penumpang ketika menghadapi kejadian seperti ini adalah menggunakan layanan lost and found. Layanan barang hilang seperti ini memang disediakan semua operator kereta, baik KAI, KRL, MRT, maupun LRT memiliki layanan barang hilang.

Baca Juga: Mengenal Kereta Kilat Pajajaran Besutan KDM yang Digadang-gadang Menjadi Saingan Whoosh

Lewat cara ini, penumpang biasa diminta menunjukan identitas serta mengisi  formulir kehilangan. Dimana di dalam formulir itu  penumpang diminta  mencantumkan nomor telepon serta menjelaskan ciri-ciri barang yang ketinggalan. 

3. Hubungi Call Center

Apabila menyadari barang tertinggal saat sudah berada jauh dari stasiun, maka langkah yang mesti dilakukan adalah menghubungi call center. 

Untuk penumpang kereta jarak jauh dan lokal dapat menghubungi KAI 121.  KRL Commuterline di 021-121.  

Sebutkan detail perjalanan dan barang yang hilang. Petugas akan melakukan pengecekan di stasiun tujuan atau depo.

4. Pantau Informasi dari Petugas

Jika barang ditemukan, kamu akan dihubungi oleh petugas dan diminta mengambil barang di stasiun tujuan, atau stasiun yang kamu tentukan (jika memungkinkan). Biasanya kamu perlu membawa KTP, bukti kepemilikan, dan deskripsi barang.

5. Waspadai Penipuan Mengatasnamakan Petugas

Karena kasus seperti ini cukup sering terjadi, penumpang diimbau selalu berhati-hati terhadap: akun yang mengaku petugas yang meminta transfer uang untuk “pengiriman barang”

Pastikan informasi hanya diterima dari nomor call center atau akun resmi operator kereta.